Orang Merokok

4 Orang Hebat yang Punya Kebiasaan Merokok

Cap buruk atas orang merokok seringkali membutakan. Sebab kita yang terbiasa melihat gambar peringatan dan iklan-iklan yang mengabarkan mudarat dari rokok tidak lagi mempertanyakan secara kritis atas kebenaran informasi kesehatan itu. Sederhana begini, apakah mungkin penyakit menahun hanya disebabkan oleh satu sebab? Nah, lalu bagaimana ceritanya Menteri Kesehatan yang tak merokok bahkan melarang asap rokok masuk ke rumahnya lantas divonis penyakit paru-paru?

Orang Merokok

Barangkali itu karma buruk atas apa yang diperbuatnya. Eh… Eh… Lupakan saja. Kita lanjut saja. Kisah-kisah di bawah ini adalah kisah hebat tentang penemu dan pemimpin dunia yang memberikan sumbangsih untuk umat manusia. Ya, mereka punya kebiasaan merokok. Siapa sajakah mereka?

1. Bung Karno Adalah Seorang Perokok Sejati

Di hampir setiap kesempatan seringkali terdokumentasi Proklamor Republik Indonesia ini memantik States Express 555 miliknya. Terutama ketika ia berakrab ria bersama tokoh-tokoh dunia. Jawaharlal Nehru dan Nikita Khrushchev salah duanya.

Kebiasaan merokok Bung Karno itu ia lakukan setiap kali habis makan, dan biasanya masih ditambah dua batang lagi dalam sehari. Ia juga dikabarkan tidak pernah membawa bungkus rokok ke mana-mana. Rokok Bung Karno biasanya dibawakan oleh Mangil. Begitu pula korek apinya.

Rokok

2. Einstein, Manusia Tercerdas yang Ternyata Perokok

Membayangkan hanya prestasinya sebagai pecentus Teori Relativitas, tentu akan sulit membayangkan Einstein merokok yang seringkali dianggap membuang-buang waktu. Jika anda berpikiran seperti itu justru salah besar. Einstein punya kebiasaan unik yakni menikmati malam dengan meminum kopi, mendengarkan musik klasik, dan menghisap rokok.

Di setiap kesempakan, ia selalu membawa pipa rokok miliknya. Bahkan ketika ia harus serius dan melakukan penelitian. Kesukaannya akan rokok bahkan sampai ia melontarkan kutipan fenomenal, “Saya percaya bahwa merokok memiliki konstribusi akan suatu perdamaian dan keakraban”.

3. Jenderal Soedirman, Ternyata Seorang Perokok Berat

Kesetiaannya pada bangsa barangkali tidak bisa diragukan lagi. Begitu pula, kesetiaannya pada kegemaran merokok. Dua hal itu yang melekat pada Jenderal Soedirman. Ia merokok sejak remaja.

Rokok tentu bukan rokok bermerek, tapi rokok tingwe (linting dewe). Ia bahkan tidak mau meninggalkan kebiasaan merokok meskipun dokter sudah mewanti-wantinya. Pernah suatu ketika ia sakit dan kesulitan untuk merokok sehingga meminta bantuan istrinya untuk mengisap satu rokok kemudian menghembuskan asapnya ke wajahnya.

Rokok

4. Mao Zedong, Pemimpin Tiongkok yang Seorang Merokok

Pemimpin Tionkok ini dikenal karena menetapkan berbagai aturan yang kontroversial, tetapi mampu mengangkat perekonomian Negeri Tirai Bambu. Sebagai manusia biasa, ia adalah seorang perokok.

Rokok seperti menjadi kebutuhan primernya. Hampir di setiap waktu ia terlihat memantik sebatang rokok. Saking cintanya ia dengan rokok, ia pernah bercita-cita membuat pabrik rokok. Dan itu menjadi kenyataan di China sekarang. Di mana rokok dikelola oleh perusahaan negara.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel