orang merokok

Mengenal 7 Tempat yang Termasuk Kawasan Tanpa Rokok

Kawasan Tanpa Rokok (KTR) merupakan ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan dan/atau mempromosikan produk tembakau. Penjelasan mengenai KTR ini merujuk UU. No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan PP No. 109 Tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

rokok

Meski demikian, tidak semua area yang dinyatakan sebagai KTR otomatis menutup ruang gerak perokok, karena hal tersebut justru bertentangan dengan Pasal 28 D, G, dan I Undang-Undang Dasar. Menurut undang-undang tersebut,
pemerintah daerah wajib menyediakan tempat khusus merokok di area yang menerapkan Kawasan Tanpa Rokok seperti di tempat kerja, di tempat umum dan tempat lainnya.

orang merokok

Hal ini yang mesti diperhatikan bagi pemerintah daerah atau tempat kerja ketika hendak menetapkan suatu kawasan sebagai KTR.

Secara lebih terperinci, berikut ini adalah tempat-tempat yang dinyatakan sebagai Kawasan Tanpa Rokok:

1. Fasilitas pelayanan kesehatan,
2. Tempat proses belajar mengajar,
3. Tempat anak bermain,
4. Tempat ibadah,
5. Tempat kerja,
6. Tempat umum, dan
7. Tempat lain yang ditetapkan.

rokok

Nah, Untuk poin lima sampai tujuh, Mahkamah Konstitusi mewajibkan pemerintah daerah untuk menyediakan tempat khusus merokok melalui Putusan MK No. 57/PUU-IX/2011

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel