orang merokok

3 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Merokok di Angkutan Umum

Angkutan umum merupakan salah satu wilayah yang ditetapkan sebagai kawasan tanpa rokok. Namun, dalam praktiknya, masih sering kita jumpai para perokok nakal yang mencuri-curi kesempatan untuk merokok di angkutan umum. Hal ini tentu saja perbuatan yang egois, karena hanya mementingkan kesenangan diri sendiri, tanpa memikirkan kenyamanan orang lain.

rokok

Nah, bila kalian termasuk perokok nakal yang suka mencuri-curi kesempatan untuk merokok di dalam angkutan umum, maka cobalah untuk mulai memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Hargai Sesama Penumpang

Tidak semua orang menyukai rokok. Itu hal pertama yang perlu kalian ketahui. Apalagi kalian tidak mungkin menelan semua asap rokok. Mesti ada asap rokok yang dikeluarkan. Hal yang membuat kalian akhirnya berurusan dengan publik, orang-orang di sekitar kalian yang harus dihormati. Alasan ini yang membuat kalian perlu menahan diri untuk tidak merokok selama di angkutan umum.

orang merokok

2. Mengurangi Fokus Berkendara

Bila kalian adalah sopir angkutan umum, tentu merokok akan membuat tingkat konsentrasi kalian menurun selama berkendara. Sebab, kerja otak dituntut untuk melakukan dua hal secara bersamaan. Hal ini yang membuat merokok sambil menyetir kurang nikmat. Kenapa tidak menunggu sampai ke pangkalan lalu merokok? Di sana kalian bisa bersantai dan merokok dengan lebih nikmat di tempat yang telah disediakan.

rokok

3. Mengurangi Kewaspadaan terhadap Pencopet

Merokok di angkutan umum bila kalian kebetulan sebagai penumpang akan membuat para poncopet lebih tertarik terhadap barang-barang berharga kalian. Seperti kata Bang Napi, tindakan kejahatan bukan karena ada pelakunya tapi juga karena ada kesempatan. Orang yang merokok cenderung dianggap sebagai korban yang potensial, sebab merokok memang membuat konsentrasi pada barang bawaan berkurang karena terlalu fokus pada kenikmatan merokok

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel