Perokok Perempuan

Apa Sih Hal yang Tidak Disukai dari Perokok?

Banyak orang yang tidak suka merokok, juga tidak suka perokok. Kadang, karena ketidaksukaannya itu mereka berlaku sinis kepada perokok. Padahal, apa sih hal yang sebenarnya tidak disukai mereka dari perokok?

Mungkin ada teman yang menjawab bahwa mereka tidak suka asap rokok, karena itulah mereka tidak bisa menyukai perokok. Hal ini, saya kira, tidak bisa dibenarkan juga. Kalau memang tidak suka asap rokok, kan ya tinggal tidak merokok di dekat teman itu. Urusan selesai, tidak ada yang terganggu, dan tidak perlu ada suka atau tidak suka.

Kalau hal itu tidak mempan, kadang ada yang menambahkan kalau mereka sebenarnya perhatian dengan kesehatan kita. Biar kita sehat, sebaiknya kita jangan merokok, begitu ujar beberapa kawan. Padahal ya, alasan utamanya memang mereka tidak suka asap rokok. Alasan-alasan setelahnya ya dibuat-buat saja.

Secara prinsip, rokok memang merupakan barang konsumsi yang punya potensi mengganggu orang lain. Karena itu, akses merokok dibatasi di ruang-ruang tertentu. Tujuannya jelas, agar masyarakat yang tidak merokok tak terganggu para perokok. Kalau tidak dibuat begitu, orang-orang akan semakin tidak suka pada perokok karena mereka bisa terkena paparan dari asap rokok yang tidak mereka suka.

Pada sisi ini, kami benar-benar mencoba memahami keadaan kalian dan mengupayakan agar masyarakat tak lagi terganggu oleh paparan asap rokok. Walau ruang merokok tidak pernah benar-benar disediakan, tetapi kami lebih memilih untuk menahan rasa ingin merokok ketika ada orang-orang yang agaknya bakal terganggu jika terkena asap rokok.

Seandainya kita memang berharap agar konflik akibat rokok bisa selesai, ya turunkan tensi (juga sensi), marilah kita sama-sama saling menghargai. Dengan menghargai hak masing-masing kita bisa mendapatkan jaminan atas hak personal di negara ini. Yang tidak merokok tak lagi terpapar asap rokok, yang merokok tidak diusik kehidupannya hanya karena merokok.

Karena, jujur saja, kadang ya muak juga mendengar ocehan orang agar berhenti merokok. Selama kalian belum bisa menerima bahwa merokok adalah hak kami, selama itu pula kalian akan selalu membenci perokok. Padahal ya, selama ini kami sudah mencoba menjadi perokok santun agar hak kalian tidak terganggu. Maka, cobalah kalian menunjukkan sikap toleran dengan membiarkan kami merokok di ruang-ruang yang tidak mengganggu kenyamanan publik.

Category : Artikel
Tags :