orang merokok

Bagaimana Industri Rokok Kretek Bertahan dalam Badai Krisis Ekonomi?

Industri rokok kretek adalah salah satu industri yang tercatat punya ketahanan dan fondasi kestabilan yang begitu kuat. Ketika perekonomian di Indonesia sedang mengalami kejatuhan hebat saat badai krisis ekonomi 1998, industri rokok kretek justru stabil dan tetap hidup, bahkan malah bertumbuh dengan sangat pesat.

bungkus rokok

“Kretek ini suatu produk yang khas, yang tidak ada duanya, dan adanya hanya di Indonesia,” ujar Ismanu Soemiran, Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI). Sebelum reformasi, anggota (GAPPRI) ada sekitar 800 pabrik. Ketika terjadi reformasi, krisis multidimensi, Industri ini tumbuh mencapai hampir 5 ribu pabrik dalam 3 tahun mulai 1998.”

Kretek adalah produk kearifan lokal asli Indonesia. Dalam satu batang kretek tergantung bermacam bahan: campuran tembakau dari berbagai daerah di Indonesia, cengkeh asli Indonesia yang dilengkapi dengan saus dan perisa tambahan. Kretek termasuk berisi berbagai kekayaan alam asli dari Indonesia.

Lantas, apa alasan Industri rokok kretek bisa tumbuh berkembang pesat, bahkan tak jatuh sedikit pun dihantam badai krisis ekonomi global? Usut punya usut, salah satu jawabannya adalah karena rokok kretek dihasilkan dari lingkup lingkaran di mana orang-orang yang terlibat di dalamnya punya hubungan yang harmonis satu sama lain.

petani cengkeh

Rokok kretek bahan bakunya langsung berasal dari petani-petani tradisional (baik tembakau maupun cengkihnya). Hubungan antar petani, pemetik, pengepul, pelinting hingga ke pabriknya terjaga dengan baik dan harmonis.

Ekosistem bisnis rokok kretek penuh dengan nuansa kekeluargaan. Bisnis ini tumbuh dari rakyat dan dinikmati oleh rakyat.

petani tembakau

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan industri rokok putih yang cenderung dihasilkan dari perkebunan pribadi atau milik perusahaan perseorangan.

Rokok kretek mampu menyatukan orang-orang yang terlibat di Industri ini mulai dari hulu sampai ke hilir. Bahkan sampai ke tangan konsumen pun, ia punya andil yang begitu besar dalam membantu perekonomian negara. Maka, tak heran jika banyak yang mengusulkan agar industri rokok kretek dijadikan sebagai role model indutri di tanah air.