orang merokok

BELAJAR GUYUB DARI ORANG MEROKOK

Dengan makin gencarnya kampanye antirokok membuat keberadaan Orang merokok makin tersudut. Di tempat-tempat umum marak diberlakukan sebagai Kawasan Bebas Asap Rokok tetapi kewajiban untuk menyediakan Tempat Khusus Orang Merokok justru dikesampingkan. Padahal keberadaan Tempat Khusus Orang Merokok adalah sesuai dengan amanat undang-undang, wajib disediakan.

orang merokok

Keadaan yang tersudut tersebut, membuat keberadaan kerukunan antara sesama perokok makin kuat. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kerukuran antar perokok yang seringkali menjadi bukti keguyuban orang-orang merokok:

1. Saling Berbagi Korek
Ini merupakan tradisi lama, antara sesama orang merokok wajib hukumnya untuk meminjamkan korek api kepada sesamanya yang sedang tidak memiliki korek atau mungkin kebetulan lupa tidak membawa korek. Belum ada cerita orang tak mau meminjamkan korek api kepada perokok lain.

orang merokok

2. Setelah Korek, Lalu Cari Temannya
Jika korek api telah ditersedia, walaupun pinjaman. Sekarang tinggal temannya. Apakah itu? Ya, rokok. Nah, ini bisa dilakukan ketika di kedai-kedai kopi. Anda bisa bilang sedang kehabisan rokok, maka orang-orang di sekitar Anda akan dengan hati berbagi rokok.

rokok

3. Berkumpul Mencari Tempat Merokok
Di tengah makin sempitnya area yang diperbolehkan untuk merokok, maka para perokok punya kecenderungan mencari tempat yang memang diperkenankan untuk merokok. Di antaranya Tempat Khusus Merokok atau udara terbuka yang agak jauh dari keramaian. Dan di sana orang-orang merokok berkumpul dan saling berbagi cerita.

Foto oleh : Eko Susanto

Category : Artikel