rokok indonesia

“Belum Ada Rencana Kenaikan Cukai Rokok Indonesia Tahun Ini”

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan, pihaknya belum memutuskan adanya kenaikan tarif cukai terhadap rokok. Sebab hingga saat ini Ditjen Bea Cukai masih fokus di pengawasan.

“Belum ada keputusan. Kita masih ingin intensifikasi atau pengawasan dulu, strateginya pengawasan,” Ujar Dirjen Bea Cukai yang dilantik awal Juli lalu itu.

Kenaikan cukai yang cenderung mengalami peningkatan setiap tahun justru memberikan beban bagi industri rokok untuk bekerja dengan lebih tertib. Sebab, peningkatan cukai yang terjadi justru membuat peluang untuk pemalsuan cukai semakin besar. Juga beban yang ditanggung oleh industri serta tenaga kerja yang terkait dengan industri rokok Indonesia.

Dirinya menambahkan, dengan fokus pada strategi pegawasan terlebih dahulu, juga belum diputuskan apakah akan digunakan instrumen tarif terhadap produk rokok. “Kita masih terus lakukan penindakan-penindakan sama verifikasi administrasi supaya lebih tepat, tertib administrasi,” ujar Heru.

Gambar: Eko Susanto