umur panjang perokok

Bolehkah Perokok Mendonorkan Darah?

Selama ini rokok dianggap sebagai barang konsumsi yang berbahaya bagi tubuh, menimbulkan penyakit dan mematikan. Karena itulah perokok dianggap tidak sehat dan tidak layak menjadi indikator kesehatan. Bahkan ada beberapa orang yang bahkan menolak bersentuhan tangan dengan perokok karena dianggap membawa racun berbahaya. Sial betul, kan.

Pertanyaannya, jika memang perokok itu membahayakan dan membawa segala macam penyakit, apakah boleh Ia mendonorkan darahnya pada orang lain? Sejauh ini, sepanjang pengalaman mendonorkan darah, tidak pernah sekalipun darah saya ditolak oleh Palang Merah Indonesia karena status sebagai perokok. Bahkan, menurut penjelasan medis, perokok tidak memiliki masalah ketika hendak mendonorkan darahnya.

Hal ini disebabkan perkara merokok tidak mempengaruhi kualitas darah. Jadi, ketika melakukan donor, tidak ada masalah jika Ia seorang perokok. Darahnya tetap bisa dinonorkan, dan digunakan oleh para pasien yang membutuhkan.

Berdasar sebuah penelitian pada tahun 2018, para peneliti membandingkan darah yang didonorkan oleh perokok dengan bukan perokok, dan menemukan bahwa merokok tidak mempengaruhi kualitas keseluruhan dari darah yang disumbangkan. Hal ini diungkapkan para peneliti dalam Jurnal PLOS One dari California Amerika Serikat.

Jika memang kemudian para perokok dianggap membahayakan, bahkan darahnya saja membahayakan, tentu saja dalam urusan donor ini mereka bakal langsung ditolak. Namun, karena memang tidak ada urusan dan hubungannya, ya para perokok tetap bisa melakukan donor darah. Artinya, para perokok bisa mendonorkan darah tanpa perlu takut membawa penyakit pada orang lain.

Meski begitu, tetap saja, para perokok harus melewati prosedur yang telah ditentukan PMI ketika mau melakukan donor. Jika memang tensi darah terlalu tinggi atau rendah, bisa saja kita tidak diperbolehkan untuk melakukan donor. Dan yang lebih penting, tentu saja, jangan sampai kita lupa mengisi perut atau makan sebelum melakukan donor.

Memang sih sehabis donor biasanya kita diberi bekal Pop Mie dan susu segelas, tapi kan ya lebih baik lagi kalau memang perut dan tenaga sudah terisi sebelum donor. Selain berpotensi lebih untuk diterima, ya kan kita nggak akan kepusingan dan merepotkan orang lain setelah donor.

Category : Artikel
Tags :