perokok santun

Buang Puntung Pada Tempatnya Wujud Laku Perokok Santun

Masyarakat kita memang masih suka membuang sampah sembarangan. Bekas botol minuman, plastik bekas gorengan, kemasan bekas makanan, juga puntung bekas rokok. Ya, kita semua tidak suka pada sampah yang dibuang sembarangan. Namun, agaknya publik lebih banyak membenci dan membahas perkara puntung yang dibuang sembarangan.

Ketidaksukaan tersebut sepertinya merupakan perwujudan dari kebencian publik terhadap rokok. Padahal, sampah yang dibuang sembarangan tidak hanya akibat dari perilaku perokok, tapi juga kebanyakan masyarakat. Ini merupakan satu kebiasaan buruk yang dimiliki rakyat kita.

Kebiasaan buruk inilah yang kemudian menggiring kita untuk membuang apa saja tanpa tahu tempat. Padahal, karena puntung setitik rusaklah upaya menjadi perokok santun sebelangga. Ya nggak setitik juga sih, masih banyak juga orang yang sembarangan buang puntung. Karena itulah, upaya mewujudkan perokok santun perlu dimulai dari hal yang paling sederhana, yakni membuang puntung sisa rokokmu ke tempat yang benar.

Meski begitu jumlah perokok yang sadar tempat dan bertanggungjawab kian hari kian banyak bermunculan. Tidak sedikit mereka yang memilih menyimpan puntung rokoknya di kantung terlebih dahulu sebelum membuangnya di tempat yang benar.Bahkan tidak sedikit juga perokok yang mempersiapkan asbak portable yang praktis dan bisa dibawa ke mana saja.

Hal ini amat membantu para perokok yang kerap kesulitan menemukan tempat sampah atau asbak di ruang publik. Dan yang paling penting, kesadaran dari para perokok mulai terbangun bahwa puntung sama seperti sampah lainnya. Harus dibuang pada tempatnya.

Perilaku ini, sedikit banyak bakal mengubah persepsi publik terkait stigma negatif terhadap perokok. Ketika kita bisa membuktikan bahwa perilaku perokok tidak seburuk yang mereka kira, semoga persepsi buruk itu juga berubah menjadi sedikit lebih baik. Sedikit saja, yang penting pelan-pelan berubah.

Namun, seperti yang saya bilang, harus semakin banyak perokok yang mau berperilaku santun di ruang publik. Tidak merokok di sembarang tempat, tidak merokok ketika berkendara, juga tidak buang puntung rokok sembarangan. Kebencian dan segala pandangan negatif terhadap perokok harus dilawan dengan cerminan perilaku yang penuh tanggung jawab. Kita perlu menunjukkan, selain perokok semakin sadar etika, kita juga memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan dan tak meninggalkan sampah di lingkungan kita.

Category : Artikel
Tags :