budaya rokok

Budaya Kenduri dan Rokok

Budaya Rokok – Dalam tradisi masyarakat Indonesia, dalam berbagai kebudayaan dikenal kenduri. Kenduri bisa berarti perjamuan makan untuk memperingati suatu peristiwa, meminta berkat, atau kerap kali disebut sebagai selamatan. Peristiwa kenduri terhubung dengan tujuan bersama biasanya hajatan untuk mendoakan seseorang, baik yang telah meninggal atau mereka yang hidup dan sedang tertimpa musibah.

budaya rokok

Pelaksanaan kenduri di berbagai macan kebudayaan di Indonesia tidak bisa dilepaskan oleh kepercayaan kepada kekuatan gaib, utamanya roh nenek moyang. Sekarang dalam modifikasi yang lebih kontekstual biasanya penghargaan kepada roh nenek moyang disampaikan dengan mengirimkan doa di awal kenduri.

budaya rokok

Dalam pelaksanaan kenduri pula kebersamaan itu hadir. Selain tujuan bersama seperti yang dikisahkan di awal, pelaksanaan kenduri selalu menghadirkan sesi perjamuan. Perjamuan ini bisa saja makan ketika sang penyelenggara dari keluarga berekonomi cukup, tetapi bila tidak cukup suguhan rokok dan kopi.

budaya rokok

Begitu kegiatan pemanjatan doa, para peserta kenduri biasanya mengabiskan waktu untuk mengobrol sambil menghisap rokok dan menyeruput kopi. Dua hal yang sulit terpisahkan dan seperti wajib dari pelaksanaan kenduri.

Foto oleh : Eko Susanto