orang merokok

Catur di Dalam Kepulan Asap Rokok

Budaya Rokok – Dalam olahraga asah otak catur, rokok mendapatkan tempat yang pantas. Bahkan merokok dan para grandmaster adalah dua hal yang punya sejarah hubungan yang spesial.

budaya rokok

Lubomir Kavalek, gransmaster dari Amerika Serikat yang berasal dari Chekoslavia, yang juga seorang jurnalis pernah menulis di Huffington Post. Artikelnya itu berjudul Chess In Clouds of Smoke.

Sebagai ilustari. Dalam permainan catur, Kavalek mempunyai kawan sekaligus penantang tangguh dari Belanda bernama Jan Hein Donner. Donner adalah seorang perokok berat. Ketika berdua bertemu dalam sebuah pertandingan catur, bidak-bidak di papan catur seperti menghilang ditelan kepulan asap rokok.

budaya rokok

Kavalek menuliskan bahwa asap rokok mampu memberikan ketenangan bagi syaraf yang tegang saat memikirkan langkah terbaik saat bermain catur, bahkan menjadi stimulus untuk memunculkan langkah-langkah bagus.

budaya rokok

Kavalek berpendapat bahwa para pencatur, atlet olahraga mental kadangkala begitu keras saling menghabisi antar petarung. Untuk tampil tanpa kepulan asap rokok, sigaret, cerutu, pipa cangklong, adalah suatu hal yang tidak bisa dimaafkan.

Foto oleh : Eko Susanto