orang merokok

Bukan Rokok, Tapi Jeratan Rentenir, Infrastruktur, dan Korupsi yang Sebabkan Kemiskinan di Aceh

Bappeda Aceh dan Gubenur Irwandi Yusuf boleh saja menyalahkan pengeluaran masyarakat sebagai penyebab kemiskinan bagi rakyat Aceh. Bisa jadi rokok memang pengeluaran kedua rakyat, juga beras yang menjadi di urutan pertama pengeluaran rakyat.

bungkus rokok

Tetapi, kemiskinan dan juga kesejahteraan bukanlah masalah terutama apabila rakyat mampu meningkatkan pendapatannya. Hal itu yang disoroti oleh Anggota DPR Aceh dari Fraksi Amanat Nasional (PAN) Asrizal H Asnawi dalam menghadapi perdebatan penyebab kemiskinan di daerah.

orang merokok

Dibandingkan membahas rokok sebagai penyebab kemiskinan, Asrizal lebih melihat faktor yang lebih fundamental yakni faktor-faktor yang membuat rakyat Aceh tidak bisa meningkatkan pendapatan.

Di antaranya faktor-faktor yang disorotinya adalah maraknya praktik riba dan rentenir yang menjerat rakyat miskin karena sulitnya mengakses pinjaman modal dari perbankan, buruknya infrastruktur yang membuat usaha rakyat tidak ekonomis, serta maraknya korupsi, dan minimnya ketersediaan lapangan kerja.

rokok

Untuk faktor buruknya infrastruktur misalnya, membuat rakyat di daerah pedalaman kesulitan untuk memasarkan hasil pertanian sehingga membuat mereka menjual komoditi ke pasar terdekat meski harganya lebih murah.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel