panen tembbakau rokok indonesia

Bupati Temanggung: Tarif Cukai Tinggi, Permintaan Tembakau Akan Merosot

Kenaikan tarif cukai di angka 23% untuk tahu 2020 telah memberi kekhawatiran untuk banyak pihak, tak terkecuali Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq. Sebagai kepala daerah dengan banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani tembakau, dirinya khawatir jika kebijakan ini membawa dampak buruk bagi petani. Karena memang, kebijakan cukai akan berdampak kepada para petani tembakau.

Melihat kemungkinan tersebut, dirinya kemudian memutuskan untuk berangkat ke Ibukota untuk melakukan komunikasi dengan Kementerian Keuangan Keuangan Republik Indonesia serta ke Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Dalam komunikasi tersebut Bupati Temanggung akan mengutarakan berbagai masalah pertembakauan di daerah jika nantinya kebijakan cukai dinaikan 23 persen.

Menurutnya, dampak kenaikan cukai rokok akan sangat dekat sekali dengan nasib petani tembakau. Pihaknya menginginkan perlu adanya disparitas cukai antara rokok-rokok yang menggunakan tembakau lokal dan rokok-rokok yang tidak menggunakan tembakau lokal.

“Rokok dengan menggunakan tembakau lokal karena dia menghidupi petani petani lokal, seyogyanya cukai lebih rendah agar penyerapan tembakau lokal jadi tinggi,” ujarnya.

Karena jika ada kenaikan cukai rokok, pasti pabrik-pabrik rokok kretek akan menekan biaya komponen-komponen, dikhawatirkan akan menekan biaya produksi ke petani. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan anggapan jika petani tembakau akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dengan kenaikan tarif cukai. Sebagai tambahan, dirinya masih terus berkomunikasi dengan pabrikan terkait persoalan ini.

“Kita bangun komunikasi terus ya dengan pabrik, tapi belum spesifik untuk membicarakan masalah ini karena kan baru-baru saja. Ya rencana kita masih fokus mengawal musim tembakau di lapangan, ini kan kenaian cukai rokok dilakukan ketika para petani sedang sibuk-sibuknya melakukan panen raya menggarap dan mengolah hasil tembakau, sehingga petani nggak sempat untuk mencermati wacana soal kenaikan cukai rokok ini,” tutur dia.

Padahal, tahun ini para petani sedang mengalami musim yang bagus. Karena cuaca bagus, mereka berhasil mendapatkan panen tembakau dengan kualitas bagus. Harga jual tembakau pun terbilang bagus.. “Harga tembakau tahun ini Alhamdulillah harga stabil dan menurut saya harganya juga lumayan mendapat laporan dari banyak masyarakat petani maupun pedagang pengumpul cukup gembira,” bebernya.

Category : Artikel
Tags :