orang merokok

Cara Tiongkok Melindungi Petani Tembakau

Sebelum kampanye antirokok semakin kencang dilaksanakan, Tiongkok telah membuat langkah antisipasi jauh-jauh hari. Cara yang dilakukan adalah dengan menyatukan semua usaha pertembakauan di bawah China National Tobacco Corporation (CNCT) pada 1982.

tembakau

Lembaga ini bertugas mengatur komoditi tembakau dari hulu hingga hilir. Berbagai aspek produksi pertembakauan dari perkebunan, pembelian dan alokasi daun tembakau, produksi dan distribusi rokok, cerutu dan produk tembakau lainnya diatur oleh CNCT. Hal ini juga mencakup impor dan ekspor industri tembakau di negara tersebut.

Perusahaan negara ini memiliki cabang di tiap provinsi dan melibatkan 300.000 pekerja. Tercatat, ada 100 pabrik rokok yang bergabung di bawah naungan CNCT dan setidaknya 2.000 tempat pengeringan daun tembakau.

petani tembakau

Di Tiongkok pula, setiap pabrikan, perusahaan swasta atau asing yang akan masuk ke komoditi tembakau harus mendapatkan lisensi dari The State Tobacco Monopoly Administration (STMA). Lembaga ini pula memiliki unit usaha yang bertugas mengatur kontrak pengadaan komoditi tembakau dengan petani dan menjadi pembeli tunggal tembakau petani. Alhasil, petani tidak leluasa menentukan luasan lahan. Tetapi, kebijakan itu membuat produksi tembakau jarang melebihi kuota kebutuhan sehingga harga cenderung bisa terjaga.

tembakau

Langkah negara mengambil alih perdagangan tembakau juga membuat bisnis tembakau di Tiongkok terjaga. Terbukti, porsi perusahaan asing yang masuk ke negeri itu tidak lebih dari 1 persen.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Kabar