petani tembakau

Demo Petani Tembakau Desak Disahkannya RUU Pertembakauan

Sejumlah petani tembakau dari berbagai daerah menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR RI di Jakarta, Rabu (16/11). Dalam aksi tersebut mereka menuntut disahkannya Rancangan Undang-undang (RUU) Pertembakuan yang menjadi payung hukum untuk melindungi petani tembakau.

petani tembakau

Sekitar 500 orang perwakilan petani dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat mendatangi gedung wakil rakyat untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Kedatangan para petani ini terkait kebijakan pemerintah yang selama ini menyudutkan industri rokok, sehingga berimbas pada banyak hal, salah satunya adalah petani tembakau.

jemur tembakau

Tuntutan untuk menutup keran impor dengan diberi batasan 20 persen menjadi titik tekan untuk memperbesar pendapatan di dalam negeri. Terutama yang diterima oleh petani tembakau.

petani tembakau

Langkah ini secara cermat dapat dilakukan dengan berangsur-angsur, dimulai dari penelitian untuk budidaya tembakau yang dibutuhkan oleh sektor hilir yang bisa ditanam di dalam negeri, lalu kemudian pendampingan proses tanam. Tak mudah serta dibutuhkan waktu yang agak panjang. Sebab, tembakau yang selama ini diimpor dibutuhkan untuk memperkaya citarasa kretek. Perlu diketahui juga, bahwa dalam satu batang rokok kretek menggunakan minimal 8 jenis bahan baku tembakau dengan karakteristik tertentu.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel