orang merokok

Empat Fakta Rokok Berbeda dengan Narkoba

Pendapat ngawur yang menyatakan rokok sebagai penyebab kecanduan sama dengan narkoba seringkali terlontar. Jika kamu juga beranggapan demikian, maka fakta-fakta berikut akan menganulir pendapatan ngawur tersebut:

1. Bahan baku rokok adalah tembakau
Bahan baku rokok adalah tembakau, bila itu kretek berarti ketambahan cengkeh. Tembakau (Nicotiana tabacum) merupakan tanaman yang menghasilkan nikotin. Zat ini tak sama dengan dengan zat narkotika. Bahkan nikotin terdapat pula di tumbuhan jenis terong-terongan.

rokok

2. Rokok tidak menyebabkan kecanduan
Merokok tidak menyebabkan orang kecanduan. Perokok bisa menghentikan sewaktu-waktu kebiasaan merokoknya dan tidak akan mengalami efek psikis maupun fisiologis sebagaimana diakibatkan narkoba. Coba lihat para perokok di bulan Ramadan, apakah ada dampak fisik dan psikologis diakibatkan orang berhenti merokok?

orang merokok

3. Rokok sebagai kebiasaan
Rokok lebih tepat bila disebut sebagai kebiasaan. Orang yang terbiasa mengonsumsi sesuatu kurang afdol bila tidak mengonsumsinya lagi, seperti kita terbiasa makan nasi saat terasa lapar meskipun telah menelan berbungkus-bungkus roti atau berpotong-potong ketela, seperti kebiasaan minum kopi di pagi hari yang membuat tubuh terasa kurang bersemangat bila ada hari terlewatkan tanpa kopi.

rokok

4. Rokok sebagai produk legal
Pemberian izin beredar rokok oleh pemerintah merupakan fakta sahih bahwa rokok bukan narkoba. Apalagi pemerintah mendapatkan pendapatan besar dari rokok melalui pajak dan cukai. Pendapatan yang menyatakan rokok sebagai narkoba sama artinya melontarkan tuduhan kepada pemerintah, sebagai pihak yang memberikan izin beredarnya rokok.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel