orang merokok

PANDUAN BERETIKA UNTUK ORANG MEROKOK

Gambar-gambar seram di bungkus rokok dan peringatan “Merokok Membunuhmu’, menggantikan peringatan terdahulu yakni “Merokok dapat menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi, dan Gangguan Kehamilan dan Janin” masih saja tidak bisa menghentikan orang untuk berhenti merokok.

Ya iyalah, bro, lha merokok merupakan aktivitas yang menjadi kebiasaan sebagaimana orang yang punya kebiasaan minum kopi di pagi hari.

rokok

Tak perlu dibesar-besarkan, apalagi bilang “Merokok Membunuhmu” karena pada dasarnya setiap individu bisa mengetahui kemampuan tubuhnya. Bila tubuh mereka tak sanggup untuk menerima asap rokok atau setelah merokok, tubuhnya merasa tak enak dan menyebabkan penyakit, maka tak perlu lagi gambar-gambar seram dan peringatan merokok berbahaya, para perokok segera ‘tobat’ dengan sendirinya.

Panduan Etika untuk Orang Merokok

Karena antara perokok dan yang bukan perokok hidup di bawah langit yang sama, maka di antara keduanya perlu saling toleran. Tidak semua orang juga nyaman dengan asap rokok. Karena itu, orang merokok mesti pandai-pandai menjaga kerukunan hidup manusia dengan melaksanakan panduan merokok yang baik dan benar berikut:

1. Merokok di Ruang yang Tepat
Merokoklah di ruang yang telah disediakan seperti Smoking Room atau lingkungan yang isinya orang merokok semua. Atau bila sedang bertamu ke rumah orang dan Anda ingin merokok, lihatlah di meja terlebih dahulu, adakah asbak yang tersedia. Jika tersedia, itu artinya si tuan rumah memberikan izin merokok. Tapi kalau masih tidak ada juga, Anda perlu meminta izin diperbolehkan merokok atau tidak kepada si tuan rumah.

orang merokok

2. Merokok di Ruang Publik
Hal yang sama perlu Anda lakukan ketika merokok di ruang publik, misalkan warung makan atau kedai kopi, yang tidak ada keterangan ruangan tersebut diperbolehkan merokok atau tidak. Anda perlu memperhatikan orang-orang di lingkungan sekitar, bila mereka semua tidak merokok, maka merokok sebaiknya ditunda dahulu atau Anda bisa meminta izin kepada orang-orang di sekitar Anda.

3. Kebersihan Sebagian dari Iman
Apabila Anda seorang perokok, maka sebaiknya Anda senantiasa membuang rokok pada tempatnya. Karena Anda mesti menjaga sesama perokok, jangan sampai gara-gara ulah Anda disimpulkan bahwa semua perokok itu jorok. Jika tidak ada asbak, Anda bisa menjadikan bungkus rokok yang telah kosong menjadi asbak.

orang merokok

4. Buang Asap Rokok ke Arah yang Tepat
Dalam hal membuang asap pun, perokok mempunyai aturan. Jangan sekali-kali membuang asap rokok ke wajah lawan bicara. Anda perlu memastikan asap rokok tidak mengarah ke orang, syukur-syukur kalau melalui kentut. Hehe… bercanda, oke, pastiskan asap rokok tidak mengarah ke orang ya, Sob…

Bila Anda bukan perokok dan mendapati para perokok berkelakuan tidak taat panduan ini, maka jangan segan-segan menegurnya. Sampaikan keluhan Anda kepada perokok itu. Jika perokok itu tetap bersikeras, maka berikan Panduan Merokok Dengan Baik dan Benar ini kepadanya. Yuk, sebar artikel ini agar diketahui makin banyak perokok.

Foto oleh : Eko Susanto