rokok budaya

Jaga kelestarian budaya, museum tembakau hadir di Jember

Demi menjaga kelestarian budaya dan pengetahuan yang telah digali secara turun-temurun oleh para leluhur, di Kabupaten Jember dibuka museum tembakau. Museum tembakau yang dilengkapi dengan perpustakaan itu berada di UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember.

Di museum tersebut masyarakat diperkenalkan dengan berbagai alat budidaya tembakau yang telah dipergunakan sejak zaman Belanda. Termasuk pula berbagai manfaat tembakau selain untuk rokok. Di antaranya untuk pestisida, bio diesel, parfum, dan pupuk organik.

Menurut Kepala UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember, Desak Nyoman Siksiawati, dengan adanya museum dan perpustakaan ini diharapkan akan memberi pengetahuan bagi masyarakat. Selain itu, persepsi negatif terhadap tembakau bisa perlahan-lahan diubah.

“Ke depan, kamu akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk mengembangkan perpustakaan dan museum tembakau ini. Agar para pengunjung bisa berkeliling langsung ke petani tembakau, kebun serta lumbung tembakau,” kata Desak Nyoman.

Foto: Eko Susanto di Flickr