perokok

Jangan Takut Menegur Perokok Berengsek

Saya tidak tahu, apakah ada kata yang pas selain ‘berengsek’ untuk disemat ke mereka para perokok yang tak punya moral. Dalam kasus yang belakangan viral, dimana seorang perempuan memposting pengalamannya saat memperingatkan perokok yang membuang bungkus rokoknya sembarangan. Namun, yang terjadi adalah si perokok malah tak acuh saat diperingatkan. Justru makin seenaknya membuang sampahnya lagi.

Memang harus diakui, spesies perokok ini memang nyata dan ada. Mereka  berengsek sekaligus menyebalkan. Bukan hanya bagi yang tidak merokok, juga bagi kami yang perokok. Apalagi dalam hal ini berkaitan dengan pembelajaran moral paling dasar, yaitu tak membuang sampah sembarangan.Bungkus rokok

Kami sebagai perokok pun ingin orang macam itu cepat-cepat punah. Ya, setidaknya populasi orang menyebalkan jadi berkurang. Apalagi dalam kasus tersebut ditegur baik-baik, bukannya sadar malah makin menjadi-jadi. Sempurna, sudah bodoh menyebalkan pula.

Disamping itu, ada hal yang patut kita apresiasi pada kasus yang viral tersebut. Yaitu keberanian yang dimiliki perempuan tersebut untuk menegur sang perokok. Keberanian macam ini memang ada, tapi tak semua orang memilikinya. Dan keberanian yang dimiliki oleh perempuan tersebut sudah selayaknya menular ke kita semua.

Jangan ragu dan takut untuk menegur sesuatu yang kita anggap salah. Saya sebagai seorang perokok sepakat, bahwa perokok berengsek macam itu harus segera dibuat sadar. Bukan hanya bagi yang membuang bungkus rokok sembarangan, tapi juga yang suka membuang puntung sembarangan dan merokok di tempat yang tak seharusnya.

Dalam hal ini, teguran yang kita lakukan juga harus tetap santun. Ya, mungkin kita bisa mengingatkan dengan cara baik-baik. Syukur jika akhirnya mereka mengakui dan sadar untuk tak berbuat demikian lagi. Tapi kalau teguran kita justru malah diabaikan dan mereka semakin menjadi atau balik marah. Ya, kita bisa menggunakan teguran keras (memaki) selagi kita punya bukti yang kuat. Tak perlu ragu, orang-orang kayak begitu memang harus dikerasi.orang merokok

Agak sulit memang melakukan penyadaran moral kepada masyarakat indonesia. Apalagi, harus diakui bahwa kesadaran masyarakat cenderung rendah. Namun, ya begitulah, perjuangan untuk merubah keadaan ke arah yang lebih baik memang sulit.

Namun, upaya paling penting yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengedukasi para perokok untuk menjadi santun, punya etika, dan sadar moral. Kalau cara itu sering-sering dilakukan, barangkali bisa mengurangi spesies perokok berengsek. Yang perlu dicatat, perokok berengsek macam itu bukan hanya musuh bagi yang tidak merokok, tapi juga bagi kami yang perokok.

Category : Artikel
Tags :