Ketika Para Kandidat Calon Gubernur Berebut Hati Karyawan Pabrik Rokok

Keberadaan industri hasil tembakau yang merupakan industri yang melibatkan banyak tenaga kerja seringkali dipandang sebelah mata. Tidak hanya di sektor pertanian di mana bahan baku utama rokok dihasilkan yakni tembakau dan cengkeh, di sektor hulu pun juga sama. Pabrik rokok melibatkan ribuan pekerja, terutama melibatkan perempuan dalam melinting rokok.

pabrik rokok

pabrik rokok

Karakteristiknya yang melibatkan banyak tenaga kerja itu membuat industri ini menjadi salah satu hal penting dalam kontestasi Pilkada. Semua calon gubenur yang daerahnya menjadi sentra industri rokok seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah pun melirik suara dari para pekerja di industri ini.

rokok

orang merokok

Gus Ipul datangi Pabrik Rokok di Madiun

Rabu 4 April 2018 lalu, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendatangi pabrik rokok di Madiun. Bersama ratusan karyawan yang mayoritas perempuan, Gus Ipul bernyayi bersama lagu ‘Kabeh Sedulur’. Pada kesempatan itu pun, Gus Ipul menyampaikan adanya pabrik rokok sangat membantu perekonomian khususnya perekonomian lokal.

gus ipul

Khofifah Menyapa Pekerja Pabrik Rokok di Jombang

Upaya menggaet hati pekerja pabrik rokok juga dilakukan oleh Khofifah, pada akhir Maret lalu misalnya, ia menyempatkan menyapa para pekerja pabrik rokok di daerah Jombang. Di sana Khofifah disambut para perempuan pekerja. Selain bersalaman, ia juga diminta oleh ibu-ibu untuk foto bersama.

khofifah

Sudirman Said datangi Pabrik Rokok PT Meta Prima Sejahtera

Calon Gubenur Jawa Tengah, Sudirman Said, tidak ketinggalan untuk mendatangi para pekerja pabrik rokok. Tepat pada peringatan Hari Kartini, ia mendatangi para pekerja PT Meta Prima Sejahtera di Semarang.

sudirman

Ganjar Belajar Melinting Rokok

Hal yang sama dilakukan oleh Calon Gubenur Ganjar Pranowo. Pada hari ke12 kampanye Plgub Jateng 2018, ia mendatangi PT Nojorono Kudus. Selain bertemu dengan para pekerja, Ganjar juga menyempatkan diri belajar melinting rokok kepada ibu-ibu di Pabrik Rokok Nojorono.

ganjar

Category : Artikel