Kios rokok dalam budaya Indonesia

rokok budaya
rokok budaya

Kios rokok atau warung rokok, merupakan istilah yang kerap kita dengar dalam budaya sehari-hari di Indonesia. Merujuk pada kios atau warung kecil yang menjajakan rokok. Biasanya istilah ini mengarah ke warung kecil di tengah kampung, atau gerobak kios kecil yang biasa ditemukan di pinggir jalan.

Di tempat macam ini, biasanya rokok juga tidak sekadar di jual per bungkus, tapi juga dijajakan per batang atau yang biasa dikenal dengan istilah ketengan. Bungkus rokok, biasanya ditempatkan dalam lemari display sederhana berukuran mini.

Normalnya kios rokok juga tidak sekadar menjajakan rokok, biasanya juga menyediakan produk lain macam permen, camilan, mie instan, minuman dingin, pulsa telepon, dan produk eceran lain. Meski begitu tetap saja orang lebih suka menyebutnya sebagai kios rokok.

Tak jarang juga kios atau warung rokok menjadi tempat orang berkumpul. Biasanya di tengah kampung mereka akan nogkrong, menjadi ruang sialtuhrahmi. Tak jarang kita temui ornag berkumpul di kios rokok, sambil sekadar main gaple, kartu dan lain sebagainya.

Sumber foto: Eko Susanto di Flickr