orang merokok

Kisah Berbagai Negara Memandang FCTC

Di forum-forum kesehatan publik, pilihan Indonesia tidak meratifikasi Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) sering menjadi bahasan. Bahkan diletakkan dalam kerangka sudut pandang negatif, bahwa Indonesia tidak mempedulikan kesehatan publik.

rokok

Padahal, jika dicermati dengan lebih seksama, suatu negara mengadopsi traktat internasional dengan mempertimbangankan kepentingan nasional terlebih dahulu. Kita ambil contoh, China, yang menjadi negara yang meratifikasi FCTC. Sebelum meratifikasi negara ini telah melakukan persiapan dengan meletakkan industri hasil tembakaunya dalam sebuah badan perusahaan negara, sehingga ia memiliki kontrol kuat terhadap pertanian dan perdagangannya.

tembakau

Berbeda China, berbeda pula dengan Singapura, Denmark, atau bahkan Australia, negara-negara ini yang diapresiasi karena meratifikasi FCTC memang tidak mempunyai kepentingan nasionalnya. Hitung-hitunganya akan berbeda lagi, ketika negara mempunyai kepentingan dengan tembakau. Sebagaimana Australia yang meletakkan tembakau sebagai musuh, tapi justru memberikan perlindungan kepada produk Wine yang diproduksi oleh negaranya.

rokok

Sementara itu, di barisan negara yang tidak meratifikasi FCTC sampai habis batas waktunya, Kuba dan Argentina, karena kedua negara ini mempunya kepentingan besar atas kehidupan masyarakatnya, dari segi ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Pilihan yang sama juga dilakukan oleh Amerika Serikat. Negara tersebut juga tidak meratifikasi FCTC karena mempertimbangankan kepentingan negaranya.

Ilustrasi gambar: Eko Susanto

Category : Artikel