orang merokok

Kisah Kebiasaan Soekarno Merokok Sehabis Makan

Soekarno sepertinya identik dengan rokok. Di banyak dokumentasi foto yang beredar di mesia sosial, seringkali tampak Soekarno sedang menyulut rokok untuk koleganya. Di antaranya yang paling menarik adalah ketika Soekarno sendang membantu menyulut rokok untuk Perdana Menteri India Pandit Jawaharlal Nehru dan pemimpin Uni Soviet Nikita Khruschev.

rokok

Seperti kebanyakan ornag Indonesia, Presiden Soekarno sendiri juga seorang perokok. Bahkan, baranhkali, kebiasaannya tak jauh-jauh dari yang kita lakukan yakni mengisap rokok sehabis makan di pagi hari, siang, dan malam.

Hanya saja kebiasaan Soekarno ia mengawali dulu dengan mencuci mulut dengan buah. Baru setelahnya, ia nyalakan sebatang rokok.

bung karno merokok

Dari berbagai literatur dan kesaksian, rokok kegemaran Soekarno adalah State Express. Tentunya itu rokok itu produksi lawas dan diproduksi oleh Ardath Tobacco Company.

Soekarno juga mengatur konsumsi masukkan nikotin ke tubuhnya, jarang sekali ia menghabiskan sepuntung rokok. Biasanya separo saja sudah diletakkannya.

rokok

Terkait banyaknya dokumentasi foto Soekarno merokok dengan para pemimpin dunia, itu bukanlah bentuk seremoni melainkan Soekarno hendak menunjukkan betapa ia bangga terhadap produk yang dihasilkan dari bumi dan dirakit oleh rakyatnya. Dan dari sana, dunia akan mengenal kretek: produk khas Indonesia. Tak dihasilkan di negara lain.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel