penjual rokok

Kisah Wan Muhammad, Pemilik Jejaring Idolmart yang Belajar Berdagang dari Rokok

Ini tentang kisah Wan Muhammad, pebisnis sukses, pemilik jejaring minimarket Idolmart yang memulai pengalaman belajar berbisnis dengan cara berbeda.

Terlahir dari keluarga yang tak punya membuatnya harus membantu orang tuanya mencari uang sejak muda dengan berjualan rokok di sebuah bioskop misbar (gerimis bubar) di Riau. Bersama orang tuanya yang seorang penjual sayur-mayur, ia berdagang untuk memenuhi kehidupan ekonomi keluarganya.

wan muhammad

Berdagang dengan keuntungan yang tidak seberapa membuat Wan Muhammad kerap bergantian modal dengan dagangan ibunya. Hasil pendapatannya berjualan rokok ia berikn kepada ibunya untuk kemudian digunakan sebagai modal berjualan sayur mayur. Hasil berdagang sayur ini, setelah dikurangi dengan laba sebagai kebutuhan hidup keluarga, akan kembali dipakai oleh Wan Muhammad untuk modal berjualan rokok. Begitu seterusnya.

Bergantian dalam menggunakan modal acapkali menjadi soal, karena usaha rokoknya harus berjalan dengan kondisi apa pun, begitupun dengan usaha jualan sayur-mayur ibunya. Pernah pada suatu hari Wan Muhammad sudah membelanjakan modal pada sore hari, tetapi sebelum ia berangkat bekerja, hujan turun lebat dan membuatnya tidak bisa bekerja.

rokok

Di saat hujan, Wan Muhammad hanya duduk di rumah bersama ibunya sambil berdoa agar hujan segera berhenti. Begitu hujan berhenti mesti telah pukul 9 malam, dia tetap harus memaksakan diri berangkat dan berjualan rokok. Sebab, kebutuhan keluarga esok harinya terancam bila dia absen berdagang. Ibunya akan tidak punya modal untuk berbelanja sayur mayur.

Tetapi, persoalan lain menghadang. Di lapangan tempat layar tancap digelar sepi pengunjung. Wan Muhammad harus menunggu sampai jam 12 malam agar rokok bisa habis terjual. Namun tidak berhasil. Pengunjung yang membeli rokok di hari itu tidak banyak. Dan modal yang sedianya digunakan untuk modal berjualan ibunya masih berbentuk rokok.

rokok

Karena itu, esok harinya, ibunya mesti mencoba cari utangan sayur dulu, dan begitu selesai berdagang siang hari, dia baru melunasi.

Ingatan akan betapa susahnya bertahan hidup itu kemudian dijadikan Wan Muhammad sebagai salah satu pelecut baginya untuk bisa sukses.

Kelak, hidup kemudian mencatat, bahwa Wan Muhammad, si penjual rokok yang berkeliling menjajakan dagangannya kepada para penonton bioskop misbar itu kini menjadi pebisnis ritel yang sukses. Ia sukses membangun bisnis minimarket di bawah payung Idolmart dengan jumlah puluhan gerai dan terus bertambah setiap waktunya.

idolmart

Ia juga menjadi Founder Asosiasi Masyarakat Ritel Indonesia, yang mana merupakan komunitas para pebisnis yang bergerak di bidang minimarket dan ritel.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto