Orang Merokok

Larangan Merokok di Rukun Warga Harus Perhatikan Hak Orang Merokok

Bertentangan dengan upaya yang digagas dilaksanakan oleh Pemerintahan Kota Yogyakarta melalui Peraturan Wali Kota Nomor 15 Tahun 2016, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan justru membuat program RW (Rukun Warga) bebas asap rokok.

Orang Merokok

“Jumlahnya terus bertambah meskipun persentasenya baru sekitar 15 persen jika dibandingkan jumlah rukun warga yang ada di Kota Yogyakarta. Kami mendampingi untuk membangun komitmen warga,” kata Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Yogyakarta Tri Mardaya.

Rokok

Menurutnya, pembentukan rukun warga bebas asap rokok di Kota Yogyakarta sudah dimulai sejak 2009 dengan bantuan dan fasilitas dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dengan Puskesmas Setempat.

Namun, kegiatan yang digagas oleh Dinas Kesehatan ini sepertinya bertujuan baik karena memberi batasan untuk orang merokok. Tetapi secara peraturan perundangan-undangan tidak dapat dibenarkan, karena lingkungan rukun warga tidak termasuk tempat umum yang disebut dalam Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 15 Tahun 2016.

Ruang Merokok

Walaupun itu bisa dianggap sebagai tempat umum lainnya, maka harus disertai dengan penyediaan ruang khusus untuk orang merokok.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto