manfaat rokok

Sollar Cell dari Tembakau

Pemenuhan kebutuhan energi untuk masa depan merupakan pekerjaan rumah tersendiri bagi umat manusia. Diperkirakan pemenuhan kebutuhan energi yang selama ini dipenuhi dengan sumber daya alam tak terbarukan akan semakin menipis dan sulit untuk dicari. Tapi, manusia merupakan makhluk yang berakal yang senantiasa mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi. Ia melakukan penelitian, dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang senantiasa terbuka.

Selain digunakan pada rokok, ternyata tembakau bisa menghasilkan elektron berenergi tinggi, yang punya manfaat untuk menghasilkan Sollar Cell. Baru-baru ini seseorang bernama Matt Francis dari UC Bekerley menemukan Sollar Cell yang dihasilkan dari daun tembakau. Yohannes Surya, dalam penjelasannya di fanpage Facebook-nya,  Matt Francis melakukan penelitian dengan menyuntikkan Tobacco Mosaic Virus (TMV) pada tunas  tembakau muda. Ketika pohon tumbuh, virus mulai menghasilkan banyak Chromophores (bagian sel yang mampu menghasilkan electron berenergi tinggi dengan bantuan sinar matahari).

Chromophoreschomophores yang dihasilkan dari tembakau ini bekerja dengan cara ajaib. Jaraknya antar chomophores cukup jauh sehingga tetap bisa mengalirkan listrik, tapi juga cukup dekat sehingga elektron-elektron bisa berkumpul.   “Susunan ini sangat pas untuk menghasilkan Sollar Cell,” begitu kata Yohannes Surya.

Penemuan ini juga membuktikan jika tembakau juga memiliki banyak manfaat. Selain itu, menganggap tembakau sebagai sumber utama bagi kesehatan manusia bukan saja tidak tepat tapi juga menutup ruang bagi ilmu pengetahuan untuk bekerja, memberikan alternatif-alternatif  baru untuk memecah persoalan yang ada.

Foto: Eko Susanto di Flickr / Artikel: blog Manfaat Rokok