orang merokok

Membatik Rokok di Warung Kopi Tiga Generasi

Kegiatan membatik tak selalu menggunakan kain, banyak media lain yang bisa digunakan sebagai pengganti kain. Mulai dari kayu, kertas, dinding, hingga objek-objek lain yang mungkin, oleh banyak orang, dinilai tak lazim digunakan sebagai media pembatik.

Nah, salah satu media tak lazim yang bisa dijadikan sebagai media batik adalah rokok. Ya, rokok.

rokok lelet

Membatik rokok ternyata bukan hal yang baru. Di Lasem, sebuah kota kecamatan di Kabupaten Rembang, orang-orang terbiasa membatik rokok. Bukan menggunakan lilin batik tulis tentu saja, melainkan menggunakan ampas kopi. Nah, kegiatan membatik rokok dengan ampas kopi ini sering disebut sebagai melelet. Jenis kopi yang ampasnya digunakan membatik pun sering disebut sebagai kopi lelet.

Di seantero Lasem, hampir semua warung kopi menyajikan kopi jenis ini. Jenis kopi dengan ampas yang lembut, sehingga mudah untuk digunakan untuk membatik rokok.

rokok

Salah satu warung kopi lelet yang terkenal di Lasem ialah warung Kopi Tiga Generasi. Warung kopi ini pertama kali berdiri tahun 1920-an. Kini, warung kopi yang terletak di Jalan Raya Kujar ini dikelola oleh Nasir. Salah satu keturunan penerus warung kopi Tiga Generasi.

Setiap harinya, warung kopi Tiga generasi ini tak pernah sepi pengunjung. Selain karena sudah terkenal, harga yang dibanderol untuk secangkir kopi lelet di warung ini memang relatif murah yakni sebesar Rp2.000. Tak hanya penduduk sekitar, warung kopi ini juga menjadi jujugan bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi kopi lelet.

rokok

Cara menyeduh kopi lelet di Warung Kopi Tiga Generasi boleh dibilang masih tradisional. Air yang digunakan untuk menyeduh kopi lelet ini masih dimasak mengunakan tungku arang. Konon, hal ini menjadi salah satu unsur pembentuk citarasa kopi lelet.

orang merokok

Sembari menikmati kopi lelet dan mengisap rokok, pengunjung juga bisa menikmati kudapan kampung seperti getuk, pisang goreng, ubi, dan heci. Kalau sedang beruntung, pengunjung warung ini juga bisa melihat kepiawaian para pelelet saat membatik rokok menggunakan ampas kopi.

lelet rokok

Ilustrasi gambar: Eko Susanto

Category : Artikel