rokok kretek

Mempelajari Jati Diri Bangsa Melalui Rokok Kretek

Sesungguhnya rokok kretek adalah produk warisan budaya, dan oleh sebab itu, dari kretek bisa kita dapatkan begitu banyak pemahaman dan pelajaran akan perjalanan bangsa. Tidak hanya tercipta lewat tangan anak bangsa, industri kretek yang saat ini menjadi industri prioritas nasional, sudah berdiri dan berjaya bahkan sebelum negara ini merdeka.

Adalah seorang Hadji Djamhari orang yang menemukan kretek sebagai ramuan obat untuk meredakan sesak nafas yang dialaminya. Berkat campuran tembakau dan cengkeh yang dilinting bersama daun jagung kering, ramuan ini berhasil membuatnya meredakan sesaknya. Semua berkat keberadaan cengkeh yang merupakan tanaman endemik nusantara.

Kemudian adalah seorang Nitisemito, sang raja kretek, yang berhasil membangun fondasi industri kretek nasional lewat pabrik rokok kretek dalam skala industri pertama di nusantara. Bersama Tjap Bal Tiga, Nitisemito merintis produk ini sebagai raja di tanah sendiri, menjadi andalan bagi masyarakatnya. Puncaknya, di kisaran tahun 1960an industri rokok kretek berhasil naik kasta menjadi industri besar yang menghidupi banyak rakyat Indonesia.

Ya, jika menilik dari sejarah, rokok kretek tentu mencerminkan jati diri bangsa kita. Bagaimana sebuah produk warisan budaya menjadi andalan rakyat untuk menggantungkan hidup. Bagaimana sebuah industri menjadi contoh yang tahan banting terhadap krisis. Dan bagaimana sebuah produk bikinan anak bangsa tetap menajadi raja di negeri sendiri.

Pada sebuah pidato, Presiden pertama sekaligus proklamator republik Soekarno pernah menyinggung Nitisemito dan industri rokok kretek yang menjadi bagian penting dari perjalanan perekonomian republik. Bahkan hingga hari ini, rokok kretek tetap menjadi salah satu andalan pemasukan negara berkat cukainya yang menjadi salah satu pendapatan terbesar republik.

Selain bisa menjadi teman rehat yang asyik, menjadi semacam andalan untuk menenangkan pikiran setelah dihajar kapitalisme, rokok kretek juga menjadi sebuah cara kita melihat jati diri bangsa ini. Melihat bagaimana produk bikinan anak negeri, dengan bahan baku dominan dari dalam negeri, menjadi pilihan dan andalan bangsa sendiri, serta menjadi jagoan penerimaan negara.

Jadi, masih mau mempertanyakan dan mempersoalkan keberadaan rokok kretek di negeri ini?

Category : Artikel
Tags :