orang merokok

Mendag Enggartiasto Lukita Ingin Perokok Elektrik Beralih Jadi Perokok Biasa

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengehendaki aturan tegas diberlakukan terhadap peredaran rokok elektrik atau vape di Indonesia. Peredaran rokok elektrik yang belakangan makin semarak menurutnya tidak memberikan kontribusi bagi perekonomian, tidak membantu kesejahteraan petani tembakau.

rokok elektrik

Padahal sebelumnya, cairan vape yang beredar akan dikenakan tarif cukai. Keputusan itu resmi diberlakukan pada 2018 mendatang.

Tetapi langkah pemerintah rupanya tidak berhenti di sana. Melalui menteri perdagangan disampaikan bahwa aturan ketat juga akan diberlakukan bagi pemasok produk rokok elektrik ke Indonesia.

bungkus rokok

Melalui Peraturan Menteri Perdagangan, dia akan mencantumkan persyaratan peredaran rokok elektrik di antaranya rekomendasi dari Menkes, BPOM, Memperin, dan dapat SNI. Peraturan tersebut ditujukan untuk memperumit impor masuk vape ke Indonesia.

rokok

“Ya tangkap saja (kalau masih masuk). Jadi para perokok elektrik berubahlah jadi perokok biasa,” katanya Enggartiasto Lukito seperti dikutip Kompas.com 20 November 2018 lalu.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto