Orang Merokok

ORANG MEROKOK DI KENDARAAN UMUM

Di kendaraan umum seringkali orang yang tidak merokok merasa terganggu bila ada orang merokok di kendaraan. Tetapi sebaliknya, di kendaraan umum di mana diberlakukan kebijakan agar para penumpang tidak diperkenankan merokok akan tidak nyaman bagi orang merokok.

Orang Merokok

Kadangkala situasi ini diperrumit dengan perdebatan yang tiada ujung. Saling menyalahkan, tanpa bertemu solusi. Padahal ada jalan tengah yang bisa mendamaikan kedua pihak. Yakni dengan menyediakan ruang merokok di dalam angkutan umum. Tentunya tidak sembarang kendaraan umum. Karena bisa jadi keterbatasan ruang.

Rokok

Namun di angkutan jarak jauh semisal bus antarkota atau provinsi sudah ada yang memulai menyediakan ruang khusus untuk orang merokok di dalam bus. Bus Mila Sejahtera jurusan Jember-Yogyakarta atau Harapan Jaya jurusan Surabaya-Trenggalek merupakan dua contoh bus yang menyediakan ruang merokok bagi para penumpangnya.

Ruang Merokok Kendaraan Umum

Dengan disediakan ruang khusus merokok maka orang merokok tidak akan mengeluh apalagi merokok di dalam kendaraan umum. Sebaliknya, orang yang tidak merokok akan merasa nyaman di kendaraan tanpa terganggu dengan asap rokok.

Foto oleh : Eko Susanto

Category : Kabar
Tags :