orang merokok

ORANG MEROKOK, GAYA ANAK MUDA JAMAN DULU YANG DISUKAI CEWEK

Orang Merokok jaman sekarang ternyata punya citra yang berbeda dengan orang merokok jaman dulu. Jaman dahulu, orang merokok dianggap keren.

orang merokok

Rambut gondrong, rokok di tangan yang kemudian dihisap dalam-dalam dan tatapan mata tajam menusuk jantung hati, serta rayuan gombal, dengan perpaduan ketiga hal itu cewek mana yang tidak klepek-klepek. Gambaran ini adalah gambaran anak muda era Ali Topan dan Ratna-Galih.

Ketika itu, tren anak muda gaul ya tidak bisa dipisahkan dari ketiga itu. Masih ingat rambut gondrong ala Ali Topan, Achmad Albar, atau kalau di luar ada McGyver. Berbeda jauh dari anak muda zaman sekarang, anak-anak alay bergaya Korea. Hihihi…

orang merokok

Era dulu, orang merokok, atau lebih tepatnya, cowok merokok akan terkesan gagah. Banyak cewek yang tertarik dengan cowok yang merokok karena dianggap seksi dan mandiri. Soalnya zaman dahulu yang beli rokok bungkusan dianggap sudah mampu memenuhi kebutuhannya. Kalau tidak sudah bekerja berarti anaknya orang tajir.

Masih ingat adegan ketika Ratna dalam film Gita Cinta dari SMA tahun 1978. Surat Ratna ke Galih menyebutkan, “Ini koretan gas. Pakailah jika kau sudah mulai merokok.”

Rokok

Nah, bila sudah begitu akan lebih lengkap dengan rayuan rombal yang mampu membuat kelapa jatuh dari pohonnya. Seperti “Yayuk, dagumu seperti lebah di bawah pohon jambu yang diterangi dua bulan purnama,” atau “Aku antar pulang yuk, motorku tidak bergairah tanpa dirimu.”

Foto oleh : Eko Susanto