Orang Merokok

BEBERAPA ORANG MEROKOK YANG PUNYA KARYA BESAR

Orang merokok sering diidentikan sebagai orang penyakitan, tidak produktif, pemalas, pembuang waktu, dan berbagai konotasi negatif lainnya. Hal ini semakin dikuatkan dengan aneka-aneka kampanye dari para pihak anti rokok yang selalu mendengungkan konotasi-konotasi tersebut. Dan hal itu sudah kadung menjadi pendapat umum yang diyakini oleh banyak orang.

Orang Merokok

Nah, beberapa tokoh berikut, membuktikan kebalikan dengan pendapat umum tersebut. Mereka adalah orang-orang merokok yang mampu membuktikan dirinya bahwa mereka mampu punya karya besar.

Orang Merokok

Siapa sajakah mereka?

Pramoedya Ananta Toer

Dia adalah salah satu tokoh terkemuka dalam dunia sasta Indonesia, Ia adalah penulis novel Tetralogi Pulau Buru dan aneka karya sastra lainnya. Karya-karya sastra yang ditulis Pram pernah mengantarnya menjadi salah satu nominasi daftar penerima nobel Sastra. Di balik prestasinya yang sangat luar biasa, Pram punya kebiasaan merokok yang sangat sulit ditandingi. Di Pulau Buru, tempat Pram diasingkan oleh Orde Baru, dia selalu berusaha untuk merokok. Bahkan kertas yang mulanya dikirim oleh kerabatnya untuk menulis dijadikan kertas bungkus rokok.

Chairil Anwar

Penyair yang satu ini, hampir di setiap publikasi posternya selalu tak terpisah dari rokok yang diisap dalam-dalam dengan mata menyalang. Dia bahkan punya kecenderungan berbuat curang di saat tak memiliki uang untuk membeli rokok atau minuman. Entah dengan mengirim karya yang bukan dia buat atau menipu pamannya, Sutan Sjahrir. Tapi di balik itu semua, karya-karya syairnya tetap diakui berperan besar dalam sejarah sastra Indonesia.

Agus Salim

Politikus dan Guru Bangsa ini punya kebiasaan merokok yang juga luar biasa. Dalam diplomasi-diplomasi kenegaraan Indonesia ia seolah menjadi juru kampanye atas produk khas Indonesia itu. Tapi di samping, karyanya juga melegenda dan berperan besar bagi bangsa Indonesia, terutama dari segi perjanjian-perjanjian penting semasa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Rokok

Foto oleh : Eko Susanto