PB Djarum

PB Djarum Pamit, Masyarakat Lampiaskan Amarah Pada KPAI

Kabar menyedihkan dari PB Djarum datang menyambut kita di hari olahraga nasional 2019. Setelah munculnya polemik dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia, mereka memutuskan untuk pamit dari agenda pembinaan bulutangkis. Mulai tahun depan, PB Djarum tidak lagi menyelenggarakan audisi atlet muda yang sudah puluhan tahun mereka lakukan.

Sebelumnya KPAI memang mendesak PB Djarum agar audisi atlet yang mereka lakukan tahun ini untuk dihentikan. Alasannya, KPAI menilai ajang audisi yang dilakukan PB Djarum adalah bentuk eksploitasi kepada anak. Penggunaan kata Djarum menjadi titik soal, yang sebenarnya itu sama sekali berbeda.

Selama ini KPAI menganggap jika PB Djarum dan PT Djarum adalah sama. Padahal, keduanya adalah entitas yang berbeda, yang satu klub bulutangkis dan yang satu perusahaan rokok. Tuduhan promosi rokok pun tidak bisa dibuktikan  KPAI karena memang tidak ada promosi rokok dan penjualan rokok di arena audisi.

Sikap pamit dari PB Djarum ini hadir setelah audiensi yang mereka lakukan dengan KPAI tidak membuahkan hasil yang baik. Menurut PB Djarum, mereka sudah bersedia mengikuti tuntutan KPAI untuk tidak menggunakan kaos bertuliskan Djarum buat para peserta. Tidak hanya itu, mereka juga bersedia menggantikan nama agenda audisi yang telah puluhan tahun berjalan ini tanpa kata Djarum. Sebuah kerelaan yang ditunjukkan demi kemajuan bulutangkis Indonesia.

Sayangnya, KPAI menolak usulan tersebut dan meminta Djarum sama sekali tidak terlibat dalam ajang pembinaan atlet muda. Hal ini yang kemudian membuat PB Djarum memutuskan, ya sudah terserah KPAI lah, kita pamit saja. Walau sedih, tapi mau tak mau mereka harus pamit dari urusan ini. Tak akan ada lagi audisi atlet bulutangkis skala besar tahun depan. Masa suram pembinaan atlet bulutangkis terbayang di kepala.

Melihat kondisi ini, masyarakat kemudian menumpahkan kemarahan mereka pada KPAI sebagai pihak yang membuat PB Djarum pamit. Kemarahan masyarakat ini dituangkan lewat dua tagar, #PBDjarumJanganPamit dan #BubarkanKPAI yang menjadi trending topic di twitter. Bahkan, tagar terakhir sempat masuk di trending topic dunia kemarin.

Category : Kabar
Tags :