orang merokok

Pemerintah Putuskan Tidak Ada Kenaikan Tarif Cukai Rokok Tahun Depan

Usaha banyak stakeholder industri pertembakauan dalam menolak dan menentang rencana Pemerintah menaikkan tarif cukai rokok tahun depan ternyata berbuah manis.

Pemerintah secara resmi memutuskan untuk tidak menaikkan tarif cukai tembakau tahun 2019 mendatang. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

“Kami putuskan tidak ada perubahan tingkat cukai,” kata Sri Mulyani. “Baik harga jual, eceran, maupun pengelompokkannya.”

cukai rokok

Selain tidak menaikkan tarif cukai rokok, pemerintah juga menunda penggabungan kelompok cukai (simplifikasi tarif cukai).

Keputusan pemerintah ini tentu saja disambut dengah sukacita oleh stakeholder industri pertembakuan. Maklum saja, selama ini, tarif cukai rokok dan industri hasil tembakau memang sudah sangat tinggi, sehingga jika pemerintah menaikkan tarif cukai, maka usaha mereka akan semakin sulit dan terhimpit.

rokok

Komite Nasional Pelestarian Kretek (KNPK) menilai keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif cukai rokok 2019 dan menunda simplifikasi tarif cukai sudah tepat. Hal ini sejalan dengan aspirasi para stakeholder pertembakauan dengan melihat kondisi Industri Hasil Tembakau dalam beberapa tahun ini sedang mengalami tekanan yang berat.

rokok

“Akibat kenaikan cukai dalam beberapa tahun terakhir, konsumen terus terbebani karena harga rokok ikut terkerek naik. Belum lagi melihat kondisi industri yang sedang lesu dan terus tertekan dengan kenaikan cukai. Langkah pemerintah saat ini untuk tidak menaikkan tarif cukai di 2019, kami rasa sudah tepat,” ujar Koordinator KNPK, Azami Mohammad

Category : Artikel