orang merokok

Penghilangan Ruang Khusus Merokok di Balaikota Solo Adalah Pelanggaran Konstitusi

Per tanggal 1 Juni 2017 lalu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) menyatakan Balai Kota Solo dinyatakan bebas asap rokok. Kebijakan tersebut diikuti pula dengan mengalihfungsikan ruang khusus merokok atau smooking area menjadi ruang informasi ataupun ruang cleaning service.

rokok

Pengalihan fungsi ruang khusus merokok dan mengantikannya sebagai ruang informasi ataucleaningservicemerupakan langkah yang tidak tepat dari Wali Kota Solo, dan tindakan tersebut adalah contoh kesalahan pengertian tentang Kawasan Tanpa Rokok yang diamanatkan oleh konstitusi.

smooking area

Mahkamah Konstitusi melalui Putusan MK No. 57/PUU-IX/2011 telah menghilangkan kata dapat dalam penjelasan Pasal 115 ayat (1) UU Kesehatan. Dengan demikian pasal tersebut menjadi berbunyi “Khusus bagi tempat kerja, tempat umum, dan tempat lainnya menyediakan tempat khusus untuk merokok.”

rokok

Dengan pengalihan fungsi tempat khusus merokok entah menjadi ruang informasi atau ruang cleaning service merupakan bentuk ketidakpatuhan Wali Kota Solo dalam melaksanakan amanat konstitusi.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto