orang merokok

Pentingnya Edukasi Soal Rokok terhadap Anak-anak

Nak, belikan bapak rokok di warung. Rokok A, ya, jangan sampai keliru. Ini duitnya, sisanya buat kamu beli jajan”.

Suruhan Bapak kepada Anak ini sering kita dengar dan alami sendiri di masyarakat. Perintah orangtua kepada anaknya adalah wajib, maka jika tak dilakukan hukuman akan dijatuhkan kepada si anak.

rokok

Perintah tersebut adalah contoh tidak baiknya sistem edukasi kita terhadap anak-anak. Rokok adalah salah satu produk yang mencantumkan peringatan keras: “Dilarang menjual/memberi pada anak usia dibawah 18 tahun dan perempuan hamil”. Peringatan keras ini harusnya diketahui secara jelas dan gamblang oleh para orangtua dan pedagang rokok.

Secara tidak sadar pola-pola suruhan ini akan membangkitkan keinginan anak-anak untuk mengetahui secara langsung tentang rokok. Rasa ingin tahu selalu dimulai dari pola tingkah laku rutin yang terjadi berulang-ulang. Keinginantahuan ini akan sangat berbahaya jika edukasi soal rokok tidak diberikan oleh lingkungan sedari dini.

orang merokok

Lingkungan tentu saja berperan besar dalam edukasi dini soal rokok, bisa dimulai dari orangtua dan pedagang. Edukasi secara halus, bukan dengan perintah kasar, menakut-nakuti si anak, dengan melarang keras pun akan berpotensi membangkitkan rasa ingin tahu penuh si anak. Pemerintah harusnya bisa melihat dan membantu penyelesaian soal edukasi produk rokok ini.

Sistem edukasi yang tepat perlu dirumuskan bersama-sama. Edukasi soal rokok kepada anak sangatlah penting untuk menekan jumlah perokok pemula di Indonesia. Cara-cara lama seperti membatasi jam iklan rokok di TV, membuat gambar-gambar seram di bungkus rokok, tak efektif menekan jumlah perokok pemula.

Jelaskan secara edukatif dan halus pada mereka, bahwa hanya pada orang dewasa saja yang sanggup untuk memikul tanggung jawab ketika memutuskan merokok. Berikan anak-anak pemahaman bahwa menjadi perokok itu berat, dan mereka belum cukup kuat. Karena menjadi perokok artinya menanggung beban tanggung jawab untuk tidak mengganggu kenyamanan orang lain karena asap yang dihasilkan.

bungkus rokok

Anak-anak harus diberi pemahaman semacam ini, mereka bakal lebih sadar dan tahu bahwa usia mereka belum cukup untuk merokok. Jangan lagi menyuruh-nyuruh anak kecil untuk pergi membelikan rokok. Pedagang dan orangtua serta lingkungan harus dibuat sekooperatif mungkin. Cara-cara lama perlu kita ubah dan tinggalkan. Niscaya para perokok pemula dan anak-anak akan mentaati aturan soal produk rokok ini.

Category : Artikel