orang merokok

Perda Kawasan Tanpa Rokok di Bali Selayaknya Direvisi

Polemik soal Perda Kawasan Tanpa Rokok di Bali ternyata terus berlanjut. Perda tersebut dianggap menyalahi UU yang sudah berlaku lebih dahulu.

Dalam salah satu pasal yang tercantum di Perda KTR Bali menyebutkan: Tidak menjamin dan diperbolehkannya ruang khusus merokok di tempat kerja dan umum. Hal ini jelas-jelas kontradiktif dan bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

orang merokok

Mahkamah Konstitusi menetapkan bahwa tidak pernah menempatkan rokok sebagai produk yang dipublikasikan, diperjualbelikan dan tidak pernah menempatkan tembakau dan cengkeh sebagai produk pertaian yang dilarang. Sehingga rokok adalah produk yang legal, terbukti dengan dikenakannya cukai terhadap rokok dan tembakau. Peraturan tentang kewajiban menyediakan ruang khusus merokok di tempat kerja dan tempat umum ada di Pasal 51 PP 109/2012.

rokok

Penolakan terhadap Perda KTR Bali ini disampaikan dalam forum diskusi Bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang bertema “Perda KTR Bali; Apakah Implementatif?”

Forum diskusi terbuka ini dihadiri oleh Ketua Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Budidoyo, Ketua Umum Asosiasi Petani Tembakau (APTI) Soeseno, Sekjen Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia (APCI) I Ketut Budiman, dan Ketua Komisi IV DPRD Bali Nyoman Parta.

AMTI berharap bahwa penerapan Perda KTR Bali adalah sebagai bentuk keadilan untuk semua. Tak membeda-bedakan antara perokok dan non-perokok. Lagi pula aktivitas merokok sepakat untuk tidak dilakukan di Sekolah, Rumah Sakit dan Angkutan Umum. Oleh karena itu ruang khusus untuk orang merokok harus ada dan tersebar di ruang publik di Bali.

orang merokok

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Komisi IV DPRD Bali, Harus ada tempat merokok. Saya setuju (ada ruang merokok). Bahkan, di yang zero merokok, saya pikir perlu (ruang khusus merokok), kata Nyoman Parta.

Sementara itu, Sekjen APCI, Ketut Budiman menyatakan, ketergantungan petani cengkeh terhadap industri rokok sangat besar. Bahkan, 93 persen dari produk cengkeh terserap oleh industri rokok. Jika industri rokok terguncang oleh sejumlah regulasi yang melemahkannya, maka petani cengkeh pun terguncang.

petani cengkeh

Oleh karena itu perlu adanya revisi terhadap Perda KTR Bali, mengingat Bali merupakan salah satu penghasil cengkeh terbaik di Indonesia. Cengkeh juga merupakan sumber pendapatan terbesar bagi Bali, maka saying jika ada regulasi yang melemahkan keberadaan komoditas cengkeh ini.