orang merokok

Perda KTR oleh Pengusaha Rokok Dinilai Ciptakan Ketidakpastian Usaha

Perda KTR di Kota Bogor dan Kota Depok membuat banyak pengusaha rokok dirugikan. Mereka khawatir produknya tak laku karena display rokok harus ditutup dengan tirai dan kain.

Aturan menutup display rokok berlaku di kota Bogor sejak akhir tahun 2017, sedangkan di Kota Depok aturan ini berlaku Oktober 2018. Larangan memajang produk rokok ini diterapkan di ritel besar maupun kecil di semua sudut kota Bogor dan Depok. Aturan ini juga menyasar para pedagang di pasar-pasar kota Bogor dan Depok.

 rokok

Menanggapi aturan KTR ini, banyak pengusaha yang keberatan. Salah satunya Ketua Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (GAPRINDO), M. Moefti, yang mengatakan aturan KTR di Kota Bogor dan Kota Depok bertentangan dengan peraturan yang lebih kuat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

Peraturan yang saling bertentangan ini akan menimbulkan ketidakpastian usaha. Gaprindo merasa tidak pernah dilibatkan dalam pembuatan perda tersebut. Pihaknya juga tidak pernah mendapatkan sosialisasi mengenai peraturan tersebut.

orang merokok

Hal tersebut dinilai sebagai sebuah ketidakadilan. Apalagi dalam mengimplementasikan Perda KTR di lapangan, Satpol PP langsung menutup pajangan rokok. Terkait Perda KTR ini, Gaprindo sudah menyampaikan keluhannya kepada Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Hukum dan HAM.

Menurut M. Moefti, dua kementerian tersebut akan memastikan perda tidak kebablasan. Selain itu, proses pembuatan kebijakan juga harus melibatkan pemangku kepentingan. Tanpa keterlibatan seluruh pemangku kepentingan/konsultasi publik, peraturan dinilai cacat hukum.

rokok

Harus ada kejelasan terkait aturan KTR di tiap derah di Indonesia. Jangan sampai penerapannya melanggar aturan yang lebih kuat yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. Merokok adalah aktivitas legal yang dilindungi Undang-Undang. Penerapan KTR tak boleh menciptakan iklim usaha yang tak sehat dan menimbulkan ketidakpastian usaha para pengusaha di seluruh Indonesia.

Category : Artikel