rokok indonesia

Petani Khawatirkan Abu Vulkanis Gunung Raung akan Turunkan Kualitas Daun Tembakau

Erupsi Gunung Raung di Bondowoso yang terus berlanjut hingga hari ini membuat petani tembakau di Jember mengkhawatirkan penurunan kualitas tembakau.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jember, Hendro Handoko, mengatakan kualitas tembakau dipastikan menurun akibat terpapar abu vulkanis Gunung Raung.

Dalam pantauannya, tembakau yang sudah ditanam petani pada Mei hingga Juni 2015 di Jember terkena paparan abu vulkanis. “Di Jember, hujan abu vulkanis menguyur di 31 kecamatan atau seluruh kecamatan di kabupaten setempat, sehingga seluruh lahan tembakau milik petani terpapar abu vulkanis Raung,” kata Hendro.

Hasilnya banyak petani yang mengeluh karena dipastikan akan merugi pada musim panen nanti yang berlangsung mulai akhir Agustus. Abu vulkanis dari Gunung Raung menempel pada daun tembakau, sehingga menutup pori-pori batang dan daun yang menyebabkan pertumbuhan tanaman tembakau terganggu hingga berdampak pada kualitas tembakau.

“Kualitas daun tembakau yang menurun tentu akan berdampak pada harga jual ke pabrikan dan eksportir. Petani terancam merugi akibat erupsi Gunung Raung.”

Sementara salah seorang petani tembakau di Jember, Setiawan, mengatakan petani saat ini beramai-ramai menguyur tanaman tembakau dengan mesin pompa air, agar abu vulkanis tidak menempel pada daun tembakau.

“Hujan abu vulkanis yang terus-menerus menguyur Kabupaten Jember sangat berdampak buruk pada lahan perkebunan tembakau karena kualitas tembakau akan menurun, sehingga harga jual ke pabrikan akan rendah,” keluhnya.

Foto: Eko Susanto