rokok

Pita Cukai Rokok Mudah Dipalsukan, Sri Mulyani Kaget

Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang baru beberapa bulan kembali bekerja itu kaget bukan kepalang pada Jumat (28/10). Pasalnya cukai rokok yang diterbitkan oleh pemerintah ternyata mudah dipalsukan. “Si pembuat pita cukai palsu ini cuma tukang bikin undangan,” katanya ketika melaunching pembuatan cukai palsu di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I, Surabaya.

rokok

Indikasi dari Bea Cukai Jawa Timur, pembuatan pita cukai oleh perusahaan rokok ilegal di Surabaya dan sekitarnya dilakukan di daerah Embong Malang Surabaya.

Sri Mulyani tampak bersemangat untuk mengetahui seluk beluk pita cukai palsu. Di kesempatan itu ia berulang kali menyorotkan alat pemancar cahaya ultraviolet ke lembaran kertas yang diisi pita cukai palsu. Bila asli, tampak serat biru di lembaran cukai.

cukai rokok

Hadirnya Sri ini karena praktek cukai serta rokok ilegal semakin ramai di Jawa Timur dan Jawa Tengah. “Dua daerah itu paling mungkin terjadinya pembuatan cukai ilegal. Tentu ada pabrik percetakan pita cukai palsunya,” kata Sri Mulyani.

rokok

Maraknya pita cukai ilegal ini terjadi karena kebijakan pemerintah yang terus menerus mengonjot pendapatan dengan menaikkan tarif cukai. Tingginya tarif cukai yang harus disetorkan dan kebijakan pemerintah yang memberi batasan ketat terhadap usaha rumahan, membuat sejumlah pihak memilih memalsukan cukai rokok.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel