Orang Merokok

Rahasia Panjang Umur Orang Merokok

Anggapan kesehatan soal rokok selalu dikaitkan dengan kanker paru, cepat tua, umur pendek dan sebagainya. Namun, beberapa fakta menarik tentang orang merokok yang berusia lanjut justru menjadi pemicu bagi salah satu universitas di Los Angeles untuk melakukan penelitian.

Orang Merokok

Penelitian tersebut membandingkan 820 orang, di mana 90 orang merokok mampu melewati usia 80 tahun, sementara 730 orang lainnya meninggal sebelum usia 70 tahun.

Perbandingan orang merokok dan bukan orang merokok menunjukkan 22 persen mampu bertahan hingga 90 tahun. Bahkan melawati usia 100 tahun.

Rokok

Orang merokok juga tercatat sebagai pemilik usia tertua di dunia, salah satunya wanita yang berumur 122 tahun di Amerika Serikat, justru telah menjadi perokok aktif sejak umur 21 tahun sebelum meninggal pada 1997.

Dengan demikian, rokok tidak selalu dikaitkan dengan memperpendek umur dan menjadi segala penyebab penyakit. Ada kandungan spesifik dalam rokok yang mampu mendukung masa hidup sel lebih lama bahkan mampu memperbaiki kerusakan sel.

Pertanyaan banyak orang hingga sekarang adalah mengapa tidak semua orang merokok mengalami penyakit kanker atau masalah kesehatan?

Peneliti tersebut telah menemukan penanda genetik dalam kandungan rokok yang memberikan sokongan terhadap kelangsungan sel dan memberikan kekuatan sel itu sendiri sehingga menjadi jawaban bagi kekuatan tubuh dalam menghindari penyakit serta ketidaknormalan sel. Sedangkan ketidaknormalan sel merupakan pemicu masalah kesehatan seperti tumor dan kanker.

Rokok

Penelitian ini juga mengungkap penemuan sebanyak 215 nukleotide polymorphisms pada 730 orang merokok yang berada di atas 90 tahun. Kandungan Nucleotide Polymorphism yang diyakini berada dalam rokok dapat memberikan kekuatan bagi sel tubuh untuk menghadang masalah dalam sel itu sendiri.

Ilustrasi Gambar: Eko Susanto

Category : Artikel