umur panjang perokok

Resep Umur Panjang Perokok

Mark Twain, satrawan yang terkenal melalui karyanya Petualang Tom Sawyer dan menjadi acuan bagi para penulis dunia ini, punya cerita tentang resep umur panjang.

Pada perayaan ulang tahunnya yang ke 70 tahun, dan barangkali tertawa sambil mengisap tembakau ia menuliskan resep umur panjangnya demikian:

“Saya telah mencapai umur tujuh puluh dengan cara biasa: dengan mengikuti secara ketat jalan kehidupan yang mungkin akan membunuh orang lain. Kedengarannya seperti berlebihan, tetapi ini benar-benar aturan umum untuk mencapai usia tua. Ketika kita meneliti dari setiap orang tua yang cerewet, kita selalu menemukan bahwa kebiasaan yang telah membuat mereka bertahan mungkin akan membusukkan kita… Saya tawarkan di sini sebuah dugaan… bahwa kita tidak dapat mencapai usia tua lewat jalan orang lain…

Saya telah membuat suatu aturan untuk tidak merokok lebih dari satu cerutu pada satu waktu. Saya tidak memiliki pembatasan lain soal merokok. Saya tidak tahu kapan saya mulai merokok. Saya hanya tahu bahwa itu berlangsung selama ayah saya masih hidup dan saya merokok diam-diam. Beliau meninggal pada awal tahun 1847, ketika saya melewati umur sebelas tahun.

Sejak saat itu saya merokok terang-terangan. Sebagai contoh untuk orang lain, dan bukan karena saya peduli untuk membatasi diri, saya selalu mempraktekkan untuk tidak tidur dan tidak pernah menahan diri ketika terjaga. Ini merupakan praktek yang baik. Maksud saya, bagi saya, tetapi beberapa dari Anda mengetahui dengan baik bahwa itu tidak akan menjawab pertanyaan semua orang yang mencoba mencapai umur tujuh puluh tahun…

Hari ini, sudah enam puluh tahun saya mulai merokok hingga kini.”

 

Foto: Eko Susanto (Flickr)