orang merokok

Rokok Bukan Faktor Utama Segala Penyakit

Beberapa tahun belakangan gencar sebuah kampanye mendiskreditkan rokok dilakukan di Indonesia. Narasi yang dibangun adalah, rokok itu berbahaya, sementara vape atau rokok elektrik tidak. Atau setidaknya, vape lebih aman untuk dikonsumsi. Walau kemudian, klaim tersebut dibantah sendiri oleh riset kesehatan.

Begini, tidak bisa kita menyebut bahwa rokok itu menyehatkan, atau setidaknya sama sekali aman. Memang rokok sama seperti produk konsumsi lainnya, memiliki faktor risiko terhadap penyakit tertentu. Sama seperti gula dan nasi yang punya faktor risiko terhadap diabetes, atau kambing dan makanan cepat saji yang punya faktor risiko terhadap serangan jantung.orang merokok

Karena itu, narasi yang mendiskreditkan rokok seolah sebagai faktor tunggal dari semua penyakit sebenarnya tidak bisa kita terima. Apalagi, jika kemudian narasi tersebut dimunculkan oleh orang-orang yang mengklaim kalau vape lebih aman dan sehat. Ingat, jika rokok mengandung nikotin dan itu berbahaya, maka vape pun begitu. Pun riset sudah mengatakan begitu, jadi tak perlu lah diperdebatkan lagi.

Terkait urusan penyakit sendiri memang, rokok memiliki faktor risiko terhadap penyakit berbahaya macam jantung atau kanker. Namun, dalam konteks rokok sebagai penyebab, agaknya keterlaluan jika menyebut rokok adalah satu-satunya faktor penyebab. Apalagi, ada banyak orang yang merokok namun sehat-sehat saja tanpa mengalami penyakit yang dikaitkan dengan rokok.bungkus rokok

Pada konteks ini, ada begitu banyak faktor yang menyebabkan hadirnya penyakit di dalam tubuh. Namun, yang paling berpengaruh tentu saja adalah pola hidup tidak teratur. Kan banyak juga orang yang tidak merokok tapi kena serangan jantung, dan itu bisa saja terjadi karena asupan makan atau pola hidup yang kurang baik.

Percuma tidak merokok kalau tiap hari makan ayam mekdi atau Indomie. Makan buah dan sayur tidak mau, lalu olahraga juga tidak. Kerja hanya duduk-duduk di kantor. Kemana-mana naik kendaraan, jalan kaki juga kurang. Dan yang paling parah, sudah begitu tidak minum air putih. Aduh, kalau sudah begini, jangan salahkan rokok deh kalau dirimu kenapa-napa. Plis deh ya.

Category : Artikel
Tags :