sesaji rokok

Rokok dan Perjalanan Acara Kesenian

Tidak bisa dipungkiri perusahaan rokok memberikan kontribusi bagi penyelenggaraan acara kesenian di tanah air. Dari konser musik, pertunjukkan teater, hingga kegiatan kebuyadaan di daerah kerap disponsori oleh perusahaan rokok. Bahkan sampai iklan di televisi, perusahaan rokok banyak memberikan sumbangan yang besar.

rokok

rokok

Keberadaan perusahaan rokok dalam kegiatan-kegiatan seni memang mengandung konsekuensi khusus, utamanya mewajibkan pengunjung adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas karena produk ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang yang telah dewasa.

poster acara sponsor rokok

Aktivitas pemberian sponsor yang diberikan oleh perusahaan rokok seringkali dipandang sebelah mata, seolah mengganggu pertunjukan seni dan semacamnya. Tapi tanpa mempedulikan peran perusahaan rokok yang telah memberikan dukungan dana bagi berlangsungnya acara. Sehingga acara menjadi mudah diakses dengan sebaran yang lebih luas.

orang merokok

Padahal, meski rokok banyak dianggap miring. Produk ini adalah produk legal, sehingga promosi rokok juga harus dipandang sebagai tindakan legal. “Industri rokok juga berhak menggunakan sarana komunikasi yang tersedia dan membangun jaringan dengan industri lain,” terang Akil Mochtar, ketika membaca putusan Mahkamah Konstitusi pengujian Padal 46 ayat (3) c UU No.32 Tahun 2002.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel