orang merokok

Rokok Kretek Tangan dan Penghidupan Orang Banyak

‘Kretek’ kerap disalahpahami hanya semata rokok kretek yang tanpa filter. Padahal produk tembakau dengan filter ataupun tidak bisa disebut sebagai kretek. Pembeda dari kretek dan jenis produk olahan tembakau lain terdapat pada campuran cengkehnya, bukan didasarkan berfilter atau tidak.

rokok kretek

Lalu apa yang membedakan kretek tangan dengan kretek lainnya? Tak lain adalah proses pembuatannya, di mana kretek tangan yang berbentuk konus, penampang ujung bakar lebih besar daripada penampang ujung hisap. Bentuk yang demikian memberikan proses filtrasi dan memaksimalkan proses pembakaran. Karakteristik khas kretek tangan ini yang sampai sekarang tidak bisa dibuat oleh mesin modern. Tak heran jika salah satu “genre” rokok ini mempunyai banyak penggemar, bahkan tak sedikit orang merokok yang hanya mau merokok kretek tangan ini.

orang merokok

Proses pembuatan kretek tangan mewajibkan bantuan tenaga manusia untuk membuat lintingan kretek tangan dengan alat tradisional yang disebut gilingan. Selain itu butuh tenaga kerja lain agar prosesnya lebih efisien, di antaranya untuk menjalankan proses pembuatan kretek tangan yang terdiri dari ngiping (menyiapkan pembungkus kretek), nggiling (menggulung bahan baku), bathil (merapikan ujung kretek), nglongsongi (pengelompokan batang kretek tangan), nyontong (mengemas dalam bungkus), ngeslop (mengemas bungkus rokok kretek dalam slop), dan ngebal (mengemas dalam satuan bal).

pekerja rokok

pekerja rokok

Dengan proses yang demikian, proses kretek tangan melibatkan banyak tenaga kerja. Selain itu, jenis kretek ini juga menyerap bahan baku lebih banyak daripada jenis kretek lain, terlebih dibandingkan jenis mild yang belakangan lebih diminati.

pekerja rokok

pekerja rokok

Nah, itulah kenapa tak berlebihan jika menyebut rokok kretek tangan sebagai salah satu produk rokok yang di dalamnya tergantung penghidupan banyak orang.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto