orang merokok

Rokok Pucuk, Rokok Tradisional dari Palembang

Daun nipah yang biasanya digunakan sebagai atap atau dinding rumah ternyata bisa pula dimanfaatkan sebagai bahan baku rokok. Itulah yang menjadi ciri khas rokok pucuk, rokok khas Palembang, Sumatera Selatan.

penjual rokok

Daun nipah yang bisa digunakan sebagai rokok pucuk adalah bagian dalam yang masih muda. Cara pembuatannya, pucuk nipah yang baru ditebang direndam di air, lantas dikupas untuk kemudian diolah menjadi daun pucuk.

Untaian daun nipah tersebut kemudian dibuang kulit arinya dan dijemur sampai kering. Bila cuaca terik, daun sudah kering dalam sehari, namun bila mendung waktu mengeringkannya butuh waktu hingga seminggu.

Daun nipah tersebut kemudian dipotong dengan ukuran 12-14 sentimeter.

rokok pucuk

Rokok pucuk ini terkenal sebagai salah satu rokok lokal khas Palembang. Kendati termasuk jenis rokok lokal, namun persebaran rokok ini ternyata sudah merambah ke luar negeri. Banyak konsumen rokok pucuk dari negara lain seperti Malaysia, Singapura, bahkan Thailand.

penjual rokok

Khusus kebutuhan ekspor, para produsen rokok pucuk di sentra produksinya di Kelurahan 3 hulu, Palembang, menyesuaikan dengan ukuran pesanan. Biasanya 9 sentimeter. Selain itu, agar lebih awet rokok pucuk kebutuhan ekspor perlu diasapi terlebih dahulu. Dengan begitu daya tahannya bisa mencapai waktu 4 bulan.

Category : Artikel