Orang Merokok

Rokok Tanpa Pita Cukai Masih Menjadi Buruan Orang Merokok

Sejumlah rokok tak berpita cukai kerap dijumpai di etalase pedagang eceran. Rokok jenis ini seolah mirip dengan produksi rokok pada umumnya. Kadang nama merek sengaja dimiripkan dengan merek rokok yang laku dipasar. Bendel cukai palsu juga terpasang ditempatnya.

Rokok

Suryati (70) pedagang rokok di Bendosari, Sukoharjo, termasuk yang menjual rokok ilegal tersebut. Ia sama sekali tak mengira jika beberapa rokok yang dijualnya tidak berpita cukai. Menurutnya, seorang sales datang dan menawarkan untuk menjual rokok tidak berpita cukai tersebut. Selang dua minggu sales terbuat datang lagi untuk menitipkan produk, dan ternyata banyak orang merokok yang cocok, baik secara rasa maupun harga.

Orang Merokok

“Saya malah tidak tahu kalau ini nggak boleh dijual. Wong yo payu, banyak yang beli, tapi lama salesnya tidak kembali lagi,” terangnya.

Rokok

Ia menjual satu bungkus rokok ilegal tersebut dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga rokok umumnya. Rokok ini lebih laku dibanding rokok lainnya karena harganya hanya seperempat atau setengah dari rokok lain.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto