tembakau

RS Tembakau Deli, Rumah Sakit Modern Pertama di Sumatera

Pengurusan dan pelestarian bangunan bersejarah agaknya belum menjadi perhatian di negara ini. Ada cukup banyak bangunan, bahkan yang sudah menjadi cagar budaya terbengkalai. Salah satunya adalah Rumah Sakit Tembakau Deli di Kota Medan.

RS Tembakau Deli adalah rumah sakit modern pertama yang hadir di Pulau Sumatera ketika masa kolonial belanda. Dibangun pada tahun 1885, RS Tembakau Deli hadir untuk memenuhi pengembangan Kota Medan sebagai salah satu pusat industri perkebunan saat itu. Apalagi tembakau Deli saat itu sedang moncer-moncernya.

Rumah sakit yang terletak di Jalan Putri Hijau, Kesawan, Kota Medan ini dibangun untuk melayani buruh-buruh perkebunan dan buruh-buruh dari eropa. Pembangunan rumah sakit ini diprakarsai oleh MR. Ingermann yang merupakan General Manager di Perusahaan Deli Maatschappaij, yang merupakan perusahaan tembakau pertama di nusantara.

Awalnya, RS Tembakau Deli hanya diperuntukkan guna menangani pasien dnegan panyakit ringan. Namun, pada awal aba 20, RS ini membangun satu gedung besar untuk pasien penderita penyakit berat. Kemudian pada tahun 1915, RS Tembakau Deli ditetapkan sebagai rumah sakit laboratorium penyakit tropis.

Sebenarnya, ketika dibangun RS ini bernama Rumah Sakit Deli Maatschappaij, sesuai dengan nama perusahaannya. Namun, ketika Indonesia merdeka, pengelolaan rumah sakit diambil alih oleh pemerintah dan berada di bawah naungan PTPN II dengan nama Rumah Sakit Tembakau Deli. PTPN II adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang agribisnis perkebunan.

Pada tahun 2011, RS Tembakau Deli akhirnya berhenti beroperasi dan ditetapkan sebagai Cagar Budaya oleh Pemerintah Kota Medan. Sayangnya, setelah berhenti beroperasi, dan walau telah ditetapkan sebagai cagar budaya, kondisi RS tersebut kini terlihat memperihatinkan. Selain tidak beroperasi, RS Tembakau Deli benar-benar tidak dirawat.

Ada baiknya Pemerintah Kota Medan segera membenahi dan merawat RS Tembakau Deli. Setelah itu, Pemkot bisa menjadikannya sebagai objek wisata, apabila memang tidak punya banyak anggaran untuk benar-benar merawat rumah sakit bersejarah ini. Bagaimana pun, RS Tembakau Deli adalah rumah sakit modern pertama di Sumatera yang sarat akan nilai sejarah dan kebanggaan.

 

Category : Artikel
Tags :