rokok indonesia

RUU Pertembakuan: Agar Industri Nasional Tak Ambruk

Di Indonesia sekarang ini, hampir tidak ada industri berskala nasional yang bisa diletakkan sebagai soko guru perekonomian nasional. Satu per satu industri nasional kita ambruk, koprah dan garam yang menjadi keunggulan kita sebagai pemilik pantai terpanjang di dunia pun kolaps pada dekade 70-an setelah kampanye kesehatan yang disodorkan pihak asing.  Hanya industri kretek satu-satunya industri nasional yang bertahan.

Dan keberadaan industri kretek sekarang berada di tahap sama dengan koprah dan garam. Yakni hendak diberangus dengan kampanye yang berkedok “kesehatan”, kemudian akan muncul produk dari luar baik itu rokok putih maupun bahan-bahan penganti nikotin yang telah siap dipasarkan oleh perusahaan multinasional farmasi.

Sejumlah kampanye yang didorong perusahaan farmasi melalui kepanjangan tangannya di Indonesia, yakni LSM-LSM antitembakau, berhasil mempersempit ruang gerak industri kretek. Ribuan perusahaan kretek berskala kecil ambruk.

Jika dibiarkan berlarut-larut, maka akan makin banyak lagi pabrik kretek yang gulungtikar. Nantinya, sektor perkebunan tembakau dan cengkeh yang berkaitan dengan industri akan terkena imbasnya. Hal ini yang tentu tidak ingin kita lihat, pengangguran Indonesia yang angkanya sudah tinggi masih akan ditambah lagi oleh puluhan juta jiwa petani tembakau dan cengkeh.

Padahal, bagi masyarakat  dia karrumput, keberadaan industri kretek ini telah mampu menciptakan jaring pengaman ekonomi mereka. Dengan penghasilan yang diperoleh dari perkebunan tembakau dan cengkeh, pekerjaan di pabrik, dan industri terkait dengan kretek memberikan kemakmuran bagi masyarakat. Hal itu masih ditambah pendapatan yang diperoleh pemerintah dari cukai, PPH, dan pajak yang besarannya 150 miliar rupiah atau sekitar 10 persen dari pendapatan negara yang bersumber dari pajak.

Sebagai langkah perlindungan terhadap petani tembakau dan cengkeh, serta pekerja di industri terkait, serta kesinambungan penerimaan negara ini, maka RUU Pertembakuan menjadi sangat penting untuk segera disahkan.