rokok

Satu Merek Rokok Dua Macam Harga

Kenaikan tarif cukai dan harga rokok yang berlangsung tahun ini memang membuat orang jadi repot. Semalam, secara tiba-tiba dan mengejutkan, saya membeli Djarum Super MLD dengan cukai 2019 di sebuah Indomaret di Jalan Kaliurang dengan harga Rp 25 ribu. Padahal di warung kelontong sebelah rumah, harganya masih Rp 23 ribu. Sial betul memang kenaikan harga rokok ini.

Preseden macam begini hadir lantaran kenaikan harga jual eceran rokok yang terbilang signifikan. Meskipun sudah perlahan naik, harusnya harga rokok belum naik signifikan lantaran kebanyakan produk yang beredar di pasaran masih bercukai 2019. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh para penjual rokok dengan menaikkan harga rokok juga dengan cara yang signifikan walau sebenarnya harga dasar rokok tersebut tidak setinggi itu.

Sekadar mengingatkan, harga jual eceran MLD dengan pita cukai 2019 itu ada di kisaran Rp 22 ribu. Harusnya sih, harga jual pasarannya masih di kisaran Rp 23 ribu dan paling mentok Rp 24 ribu. Kemarin pas ketemu warung yang jual MLD dengan harga Rp 24 ribu saja sudah saya celetukin pengen naik haji. Lah ini Indomaret harganya RP 25 ribu. Suram banget nasib saya.

Hal semacam ini menujukan pada kita kemungkinan akan hadirnya dua macam harga untuk satu merek rokok. Ingat, kejadian perbedaan harga di atas terjadi pada produk yang masih sama-sama bercukai 2019. Bulan depan, ketika produk bercukai 2020 mulai hadir, tentu akan membuat disparitas harga semakin nyata terlihat. Jadi jangan kaget ketika ada satu merek rokok memiliki dua macam harga.

Dan yang perlu diingat, perbedaan harga akan terjadi dengan jurang yang cukup lebar. Produk bercukai 2019 dengan harga Rp 24rb, produk bercukai 2020 dengan harga Rp 30 ribu. Hal seperti ini sangat mungkin terjadi. Namun, sebagai catatan, ada juga potensi pedagang membuat harga rokok dengan cukai 2019 sama dengan cukai baru. Aji mumpung ala pedagang yang kadang bikin kesel.

Perkara seperti ini hampir tidak pernah terjadi sebelumnya. Semua bisa terjadi karena kenaikan tarif cukai dan harga jual eceran yang signifikan. Karena kebijakan pemerintah yang memang bisanya hanya menyusahkan rakyatnya saja.

Category : Artikel
Tags :